Produk Inovasi & Hilirisasi Unpad di Ritech Expo 2019

Denpasar - Universitas Padjajaran (Unpad) menampilkan berbagai produk inovasi dan hilirisasi penelitian pada pameran 'Research, Innovation and Technology (Ritech) Expo 2019'. Ritech Expo merupakan pameran tahunan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) yang menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi di bidang teknologi.

Kegiatan yang merupakan puncak dari peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 ini diisi oleh sekitar 200 stand dari perguruan tinggi, lembaga riset, dunia industri hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak bangsa. 

Acara ini digelar selama empat hari dari tanggal 25-28 Agustus 2019, yang bertempat di Lapangan Puputan Renon, Danpasar, Bali.

Pada tahun ini, stand Unpad menampilkan beragam produk inovasi dan hasil penelitian para sivitas akademiknya, di antaranya alat deteksi pencemaran tanah dan air Resitivity Meter Small Scale (RMSS), Print-G Fine bubble Generator dan produk hilirisasi penelitian lainnya.

Lewat laman unpad.ac.id, dosen Fisika FMIPA Unpad Ferry Faizal menjelaskan fungsi dari Fine Bubble Generator. Salah satu fungsinya, yakni mampu meningkatkan kualitas dalam membudidayakan ikan koi.


"Fine Bubble Generator itu fungsinya membangkitkan gelembung udara ultra halus hingga berukuran nano meter bahkan micro meter. Sehingga dapat dimanfaatkan di berbagai bidang, di antaranya bidang pertanian, dan perikanan. Fine bubble ini juga sudah terbukti mampu meningkatkan kualitas dalam membudidayakan ikan koi yang telah bekerja sama dengan peneliti dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad," jelas Ferry Faizal.

Sementara itu, dosen Geofisika FMIPA Unpad Dr. Eleonora Agustine selaku pencipta dan pengembang RMSS mengatakan kalau alat tersebut dapat mendeteksi kadar polutan yang ada di dalam tanah. Termasuk yang dekat dengan permukaan.

"RMSS merupakan salah satu alat ukur yang selama ini digunakan untuk mendeteksi stuktur di bawah permukaan yang biasanya berhubungan dengan fluida atau mineral yang ada di bawah tanah," jelas Dr. Eleonora.

Di hari pertama pameran, stand Unpad mendapat kehormatan dengan mendapat kunjungan Menristekdikti Prof. Mohamad Nasir, serta Wakil Gubernur Provinsi Bali Tjokorda Oka Artha Ardana. Mereka memberikan apresiasi tinggi pada karya para peneliti Unpad. Tidak hanya menghadirkan demo produk dan kegiatan seminar loh. Ritech Expo 2019 juga dihadirkan hiburan, pameran, talkshow, temu bisnis serta lomba.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler