Ajang Pers Lima Gali Potensi Menulis Bareng BeritaBaik

Bandung - Untuk menggali potensi menulis pelajar, BeritaBaik berkerjasama dengan SMA Negeri 5 Bandung dan Ajang Pers Lima menggelar seminar dan workshop bertajuk 'Writing Class: Improve Your Creativity'. Bertempat di ruang kelas SMA Negeri 5 Bandung, acara yang digelar pada Sabtu (31/08/2019) ini dimulai dari pukul 09.00.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan menulis bagi siswa dan membantu siswa dalam mengembangkan kreatifitas menulis. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam menulis. Terdapat 30 siswa SMA 5 menjadi peserta di acara ini.

Hadir sebagai pembicara Editor In Chief BeritaBaik Avitia Nurmatari yang menjelaskan soal jurnalisme positif. Kemudian dilanjutkan Managing Editor BeritaBaik Tya Eka Yulianti yang memaparkan teknis serta tips dan trik membuat tulisan yang layak tayang di media.

TemanBaik sudah tahu belum soal Junalisme positif? Jurnalisme positif sendiri merupakan perspektif baru dalam dunia pemberitaan di mana berita yang menyuguhkan hal-hal positif, menjadi berita yang edukatif dan baik.

Pada sesi pertama, Avitia yang merupakan Founder BeritaBaik menjelaskan soal jurnalisme positif. "Kita menyampaikan berita-berita secara edukatif. Misalnya dalam peristiwa bencana alam, kelaparan, kecelakaan, kemiskinan, peperangan disampaikan dari sudut pandang yang negatif menjadi positif. Seperti jumlah relawan, aksi baik dan lainnya," ujar perempuan yang akrab disapa Avie ini.

"Seperti saat kondisi gempa di Lombok. Kenapa masuk BeritaBaik, padahal kan berita bencana? Karena kami mengolah berita bencana menjadi berita kegembiraan. Mengangkat sisi baik dan kebahagiaan. Seperti aksi baik relawan dan hal-hal menggembirakan yang terjadi di sana," jelas Avie.

Avie juga mengungkapkan kalau menulis dan membaca berita-berita baik dapat memengaruhi psikologis kita. "Berita baik dapat memengaruhi psikologis kita. Menulis atau menyerap informasi bencana pastinya akan membuat kita trauma. Karena akan sangat mengganggu perasaan. Berbeda dengan berita di BeritaBaik, karena akan memberikan pengaruh baik pada diri kita," papar perempuan yang sudah sembilan tahun menggeluti dunia jurnalistik ini.

Avie berharap, kehadiran BeritaBaik tidak hanya menyuguhkan berita-berita yang baik, namun juga dapat mengubah perspektif pembacanya. "Bukan saja hadir dengan berita baik, namun juga ingin mengubah perspektif masyarakat," harapnya.

Kemudian, Tya membuka sesi kedua dengan melempar pertanyaan 'Apa Sih Berita Itu?'. Berita adalah informasi yang hangat dan penting mengenai suatu peristiwa, keadaan, gagasan yang menarik untuk diketahui masyarakat.

Baca Ini Juga Yuk: Kegigihan Vabyo Kembali Menulis Buku Usai Pulih dari Stroke

Lantas seperti apa syarat tulisan bisa disebut sebagai berita? "Syarat tulisan bisa disebut sebagai berita yakni mengandung fakta di dalamnya, harus ada keterangan dari narasumber, bisa pelaku, saksi dan lainnya," jelas Tya.

Tya juga memaparkan apa saja hal yang membuat berita menjadi menarik. "Pertama, kedekatan, yakni mengangkat topik yang dekat dengan pembaca secara geografis dan psikologis. Lalu aktual mengangkat topik yang sedang hangat dibicarakan dan, mengangkat topik baru yang belum pernah dibahas sebelumnya," papar Tya.

Selain itu, dampak, tokoh dan lainnya juga dapat menjadi hal memengaruhi berita jadi menarik. "Mengangkat topik tentang peristiwa yang dampaknya besar, semakin besar dampak semakin besar nilai beritanya. Serta tokoh penting dan sisi kemanusiaan, bagaimana hubungan kita sebagai sesama manusia melihat kebaikan," tutur ibu satu anak ini.

Tya juga mengatakan kalau hal-hal luar biasa juga dapat menjadi berita yang menarik. Seperti prestasi, semangat dan kegigihan. Serta hal-hal kejutan, yakni berita yang mengangkat peristiwa yang tak disangka akan terjadi.

Untuk memudahkan mencari berita, Tya memberikan tips kalau kita bisa membuat berita menarik dari hal yang dekat dengan lingkungan kita. "Kita cenderung memilih dan membaca berita-berita yang dekat dengan lingkungan kita, jadi bisa coba mencari dari situ" ucapnya.

Sebelumnya, beberapa pelajar SMA 5 yang hadir juga telah mengirimkan tulisan pada BeritaBaik. Pada kesempatan tersebut, Tya membaca salah satu tulisan yang dirikimkan siswa dan memberikan penjelasan dan tips seputar penulisan.


Foto: Djuli Pamungkas/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler