Menteri Basuki Tinjau Pembangunan Jalan Mengwitani-Singaraja

Buleleng - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Mochamad Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan shortcut atau jalan baru Singaraja-Mengwitani di Pegayaman, Buleleng, Bali, Minggu (1/9/2019).

Jalan shortcut yang melintasi Kabupaten Buleleng, Kabupaten Tabanan, dan Kabupaten Badung ini direncanakan bakal rampung pada Desember 2019. Ruas jalan ini merupakan jalur wisata yang padat dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok serta banyak tanjakan dan turunan.

"Jalan penghubung Kota Denpasar dengan Kota Singaraja banyak sekali tikungan sehingga sering macet. Kementerian PUPR dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten sepakat untuk membuat shortcut. Ada 10 shortcut yang rencananya akan dibangun," kata Menteri Basuki, Minggu (1/09/2019).

Jalan baru yang dibangun bakal memangkas jumlah kelokan serta memperbaiki tingkat kemiringan jalan. Dengan demikian meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara terutama bagi bus-bus pariwisata.

Baca Ini Juga Yuk: Sekarang Ada Jembatan BJ Habibie Loh di Timor Leste

Saat ini, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII tengah menyelesaikan pembangunan shortcut di 4 lokasi yakni shortcut 3, 4, 5, dan 6. Seluruh ruas jalan pintas akan dibangun dengan lebar jalan 7 meter dan bahu jalan dua meter dan dilengkapi lampu penerang jalan.

"Nantinya apabila jalan pintas sudah selesai, jalan lama tetap difungsikan dan akan dilakukan manajemen lalu lintas menjadi satu arah," papar Menteri Basuki.

Sebagai jalur wisata, Menteri Basuki mengatakan akan membangun area pandang agar orang dapat menikmati pemandangan Bali yang indah. "Jalan dan jembatan juga akan dilengkapi dengan ornamen budaya lokal sehingga infrastrukturnya juga indah," jelasnya.

Sementara itu Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengapresiasi pembangunan jalan pintas ini, karena hal ini karena bisa mengurangi kesenjangan ekonomi antara Bali selatan dan Bali utara. "Pembangunan jalan shortcut ini untuk kemajuan Buleleng. Buleleng juga punya spot-spot pariwisata yang luar biasa," katanya.

Ia menambahkan dengan jalan shortcut ini jarak tempuh antara Buleleng dengan Denpasar bisa lebih efisien dalam segi waktu.

Foto: dokumentasi Kementerian PUPR

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler