Mangga Indonesia Bikin Ketagihan Warga Singapura hingga Amerika

Bandung - TemanBaik ada yang suka dengan buah mangga? Ya, buah yang mayoritas berwarna kuning tua sangat disukai banyak orang kan? Itu tak lain karena rasanya yang manis dan tentunya menyehatkan.

Di Indonesia, buah mangga bisa dikatakan cukup subur dan perkebunannya tersebar di berbagai daerah. Bahkan, ada beberapa daerah yang punya ciri khas atau varietas mangga yang tak ditemui di tempat lain.

Manisnya buah mangga dari Indonesia ternyata disukai orang-orang di luar negeri loh. Ekspor mangga pun sudah sering dilakukan ke berbagai negara seperti Singapura, Rusia, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Malaysia, Oman, Bahrain, Hongkong, hingga Amerika Serikat.

Mau tahu bukti mangga Indonesia sangat diminati di luar negeri? Hingga Juni 2019 lalu, ekspor mangga Indonesia mencapai 568,7 ton atau senilai Rp11,55 miliar. Dengan potensi yang ada, ekspor mangga tahun ini diyakini akan melebihi 2,6 ribu ton hingga akhir 2019 nanti.

Yang teranyar, pekan lalu Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) melepas 6 ton mangga harum manis asal Jawa Timur ke Singapura. Total nilai ekspor itu mencapai Rp174,4 juta.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Ide Kreasi Mudah dari Buah Mangga

Nah, karena untuk diekspor, berbagai persyaratan pun harus dipenuhi. Pemeriksaan ketat dilakukan agar mangga tiba di Singapura dengan kualitas dan kondisi baik.

"Sebelum dikirim, petugas karantina harus memeriksa kesehatannya dengan melakukan pemeriksaan terhadap adanya investasi atau adanya lalat buah pada komoditas tersebut," kata Kepala Barantan Ali Jamil di laman resmi Kementerian Pertanian.

Barantan sendiri harus benar-benar teliti dalam memeriksa mangga sebelum diekspor. Sebab, jika tidak teliti, hal itu akan merugikan berbagai pihak. "Jangan sampai nanti malah ada masalah penolakan sesampainya di sana. Selain merugikan eksportir dan petani, juga soal kredibilitas karantina selaku penjamin," jelas Jamil.

Khusus untuk ekspor mangga asal Jawa Timur ke Singapura, permintaannya sangat tinggi. Dalam sebulan, Singapura membutuhkan hingga 50 ton mangga harum manis. Tapi, sejauh ini yang mampu dipenuhi hanya 6 ton setiap bulan.


Foto: pengiriman mangga untuk diekspor ke Singapura (dokumentasi Kementerian Pertanian)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler