Kampanye Peluk Anak 20 Detik Akan Kembali Digencarkan di Bandung

Bandung - Kampanye 'Peluk Anak 20 Detik' di Kota Bandung akan kembali digencarkan. Lewat kampanye ini, para orangtua diharapkan sadar akan pentingnya memberi perhatian dan waktu pada anak-anaknya.

"Sebetulnya peluk anak 20 detik itu hanya sebuah simbol. Yang terpenting perhatian kita sebagai orangtua kepada anak harus jadi perhatian utama," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung Tatang Muhtar.

Memeluk anak minimal 20 detik setiap hari diyakini memiliki banyak manfaat positif. Yang paling mendasar, antara anak dan orangtua akan terjalin kedekatan dan kehangatan luar biasa.

"Sempatkanlah sebisa mungkin memeluk anak 20 detik. Karena kedekatan itu sangat penting untuk anak-anak kita secara psikologis. Sehingga mereka merasa terperhatikan oleh kita (orangtua)," ungkap Tatang.

Jika kedekatan terbangun antara anak dan orangtua, anak akan menjadi pribadi yang lebih baik. Mereka akan lebih terbuka kepada orangtuanya. Sehingga, mereka akan terhindar dari hal-hal negatif.

Karena dekat, orangtua akan lebih didengar oleh anak. Sehingga, saat memberi nasihat, anak akan lebih nurut dan mudah paham. Di saat yang sama, orangtua juga bisa jadi tempat curhat anak-anaknya jika dirasa sebagai sosok yang nyaman untuk berbagi. Dengan begitu, mereka tidak akan mencari sosok lain yang bisa menampung segala cerita kehidupannya.

Tatang sendiri merasa memeluk anak cukup efektif untuk membangun kedekatan dengan. Meski singkat, tapi pelukan akan sangat bermakna dalam kehidupan sang anak dan orangtuanya. Apalagi waktunya sebagai orangtua sangat terbatas karena besarnya beban pekerjaannya.

Tapi, pelukan terhadap anak banyak ditinggalkan orangtua. Apalagi jika sang anak sudah menginjak SMP atau SMA. Kadang, di usia itu, orangtua atau anaknya merasa malu untuk berpelukan. Ia pun mengingatkan agar rasa malu itu ditanggalkan meski sang anak sudah menginjak usia yang dikategorikan remaja. Sebab, anak tetaplah anak, orangtua tetaplah orangtua.

Lalu, bagaimana sih gerakan 'Peluk Anak 20 Detik' ini akan digencarkan di Kota Bandung? Dalam waktu dekat, akan dibuat surat edaran kepada masyarakat.

"Insya Allah surat edaran kita sampaikan untuk masyarakat setelah ditandatangani Pak Wali Kota," pungkas Tatang.

Foto ilustrasi Unsplash.com
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler