Akhir Bulan Ini Ada 'Pawai Sunyi' di Cimahi, Seperti Apa Ya?

Bandung - TemanBaik pasti sudah pernah menyaksikan beragam pawai kan? Pada umumnya, pawai akan menyajikan beragam kemeriahan. Bahkan, pawai juga sering menjadi area yang bising karena banyaknya peserta, adanya alat musik, serta hal-hal lainnya.

Tapi, pawai yang berbeda akan dihadirkan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Jawa Barat. Mereka akan menghadirkan 'pawai sunyi'. Pesertanya lebih dari 100 orang dari teman Tuli dan dengar.

Pawai itu digelar pada Minggu, 29 September 2019, dalam rangka peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional. Dalam kegiatan itu, Teman Tuli dan Teman Dengar akan melakukan jalan santai dengan titik awal Pemkot Cimahi dan berakhir di DPRD Kota Bandung.

Baca Ini Juga Yuk: Banyuwangi Tampilkan Potensi Daerahnya dengan Pawai Sepeda Hias

"Pawai kan biasanya ada marching band, musik, dan lain sebagainya. Ini enggak, mereka (peserta pawai) sunyi, pakainya pakai bahasa isyarat. Sepanjang jalan mereka akan berisyarat menyuarakan hak-hak mereka tanpa bersuara," kata fasilitator Gerkatin Jawa Barat Rizwan Hermawan kepada BeritaBaik.id.

Selain pawai, akan beberapa rangkaian acara lainnya di hari yang sama. Kegiatannya seru loh, mulai dari permainan, belajar bahasa isyarat, hingga diskusi. Kegiatan ini akan memancing keseruan dan tentunya edukasi untuk masyarakat.

"Minggu depannya akan ada kegiatan lebih ke talkshow dan seminar (seputar dunia Tuli)," ungkap Rizwan.

TemanBaik penasaran enggak seperti apa 'pawai sunyi' itu? Jika penasaran, siap-siap datang ke lokasi ya pada 29 September nanti. Kegiatan pawai sendiri akan berlangsung mulai pukul 06.00 WIB. Waktu yang cocok nih bagi TemanBaik untuk sekalian olahraga.


Foto: Djuli Pamungkas/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler