Inspiratif! Hotel Syariah Ini Rutin Hadirkan Kelas Bahasa Isyarat

Bandung - Siapa bilang teman disabilitas enggak bisa bekerja di sektor jasa. Anggapan lama itu, dipatahkan Cinnamon Hotel Boutique Syariah yang sejak awal berdiri menghadirkan tiga karyawan daksa, tuli dan netra.

Seperti layaknya karyawan lain, hotel ini tetap menempatkan mereka di berbagai divisi dengan tugas dan tanggung jawab yang sama loh. Seperti halnya Okke Hidayah Kahfi (25) yang menempati posisi desainer grafis karena kemampuan dan latar belakang pendidikannya. Sementara kedua teman lainnya bertugas sebagai telemarketing dan housekeeping.

Marketing Communication Cinnamon Hotel Boutique Syariah, Tisha Angelia mengatakan, dengan konsep Syariah hotelnya ingin menebar manfaat buat banyak orang. Nah kultur baik itu dibuktikan manajemen dengan menghilangkan diskriminasi kaum disabilitas.

"Seperti layaknya teman, ketiga teman daksa, tuli dan netra yang bekerja di juga bisa diajak berkolaborasi saat bekerja. Kalau ada hambatan komunikasi, kita biasanya saling belajar dan memanfaatkan berbagai media. Jadi kalau bahasa isyarat kurang paham, bisa ngobrol di WhatsApp," ujar Tisha kepada BeritaBaik.

Lebih jauh Tisha bercerita, hotel berkiblat syariah ini juga sepakat untuk membuat aktivitas yang enggak hanya memikirkan profit semata. Terinspirasi dari dedikasi para karyawan disabilitas, saat ini Cinnamon bersinergi dengan Yayasan Kayumanis yang menaungi lebih dari 50 teman-teman dengan kebutuhan khusus untuk menggelar berbagai aktivitas positif di lingkungan hotel.

Baca Ini Juga Yuk: Cerita Adhi Kusumo Teman Tuli yang Jadi Juru Bahasa Isyarat

Selain memberikan fasilitas tempat gratis bagi mereka mengadakan acara kajian rutin tiap bulannya, hotel ini juga memberikan dukungan dan kepedulian terhadap teman tuli dengan menggelar kelas khusus bahasa isyarat.

"Kebetulan, Okke juga Ketua dari Bahasa Isyarat Provinsi Bandung. Jadi seperti bulan lalu, kita memberikan pelatihan untuk kelas bahasa isyarat yang rutin kami selenggarakan di Cinnamon Hotel Boutique Syariah, bahkan untuk jangka panjangnya akan kami buka kelas bahasa isyarat untuk masyarakat umum," kata Tisha.

Menurutnya, mempelajari bahasa isyarat, khususnya bahasa isyarat indonesia (Bisindo) menjadi aktivitas yang menarik loh TemanBaik. Selain menambah kemampuan dalam berkomunikasi, aksi ini bisa membantu para penyandang tunarungu dalam mendapatkan beragam informasi, sekaligus melancarkan komunikasi dengan mereka.

"Buat karyawan yang bukan disabilitas, kegiatan positif ini juga jadi tantangan baru untuk mempelajari bahasa baru. Jadi kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan otak," pungkasnya.



Foto: dokumentasi Cinnamon Hotel Boutique Syariah

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler