Api Semangat di Peringatan Hari Radio Republik Indonesia

Bandung - Radio Republik Indonesia (RRI) punya tradisi khusus untuk memperingati hari ulang tahunnya. Setiap 11 September, selalu dilakukan penyalaan obor Triprasetya. Hal itu dilakukan secara serentak di Kantor RRI seluruh Indonesia.

Hal itu terlihat dalam peringatan hari ulang tahun ke-74 RRI di Auditorium Kantor RRI Bandung yang berlokasi Jalan Diponegoro, Rabu (11/9/2019). Di sini, prosesi sakral tahunan digelar. Seperti apa ya suasananya?

Prosesi penyalaan obor dilakukan Kepala Stasiun RRI Bandung Mirza Musa. Usai menerima lilin dari seorang penari, ia kemudian mendekatkan lilin yang menyala itu pada obor yang sudah terpasang di podium. Suasana terasa khidmat karena semua lampu di lokasi dipadamkan. Setelah obor Triprasetya menyala, lampu ruangan baru kembali dinyalakan.

Ada makna besar di balik penyalaan obor itu setiap tahunnya yaitu semboyan 'Api nan Tak Kunjung Padam'. Filosofinya adalah menerangi dunia tanpa henti, tepatnya menerangi melalui informasi yang disiarkan.

Baca Ini Juga Yuk: 8 Hal Berkesan yang Bisa Kamu Dapatkan Cuma Lewat Radio

Menariknya, dalam momentum peringatan HUT ke-74 RRI, ada semangat besar lain yang ingin dibangun. Hal itu diwujudkan melalui tema HUT yaitu 'Untuk Indonesia Lebih Bertoleransi'. Tema itu jadi penyemangat bagi RRI untuk menjadi radio yang membangun toleransi di tengah masyarakat, khususnya para pendengar.

"Ini merupakan penyemangat angkasawan-angkasawati RRI untuk mendedikasikan dirinya yang terus meneguhkan semangat kebersamaan dan pengabdiannya demi kemajuan bangsa," kata Mirza.

Secara khusus, RRI Bandung pun punya beragam program untuk mewujudkan hal tersebut. Berbagai program siaran dirancang agar menjadi sarana untuk edukasi hingga membangun toleransi dan kerukunan sesama anak bangsa.

Sementara itu, yang tak kalah menarik, dalam peringatan HUT itu diumumkan beberapa kegiatan yang akan digelar oleh komunitas pendengar setia RRI. Salah satunya, minggu depan akan digelar sunatan massal. Itu jadi bukti bahwa pendengar dan RRI bisa bersinergi untuk melakukan hal bermanfaat bagi masyarakat.

Selain itu, dalam waktu dekat juga akan dikeluarkan kartu pendengar RRI. Menariknya, kartu itu akan memberi beragam manfaat, mulai dari asuransi hingga potongan harga saat belanja di tempat tertentu.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler