Kisah Trio Urban, Siaran Radio 18 Tahun Hingga Jadi Komedian

Bandung - Tepat di Hari Radio Nasional, 11 September 2019, TemanBaik wajib kenalan nih dengan tiga penyiar super kocak yang dikenal sebagai Trio Urban. Bukan waktu singkat, Elmi Nagsyahbandy, Wanda Dwi Wardana dan Roni Budiman sudah mengarungi pahit manis pengalaman selama 18 tahun kebersamaan.

"Radio itu sudah menjadi bagian hidup saya, dan theatre of mind yang diciptakannya sulit tergantikan. Kalau Allah mengizinkan saya berumur panjang, saya pengin terus jadi penyiar radio," ujar Elmi Nagsyahbandy alias Elmi Urban kepada BeritaBaik.

Untuk mengabadikan kebersamaan mereka, ketiganya juga baru merilis buku Cerita Mentega yang isinya mengisahkan berbagai pengalaman unik, lucu dan mengesankan selama mereka menjalani profesi sebagai penyiar radio, MC hingga mengikuti audisi pelawak di TV swasta.

"Awalnya sih kita bertiga diskusi, enggak kerasa ya kita bareng-bareng di Trio Urban sudah 18 tahun, mau bikin apa ya. Nah sampai akhirnya Pidi Baiq mendorong kita untuk bikin buku agar perjalanan hidup kita lebih monumental dan ada sesuatu yang bisa diceritakan pada anak cucu kelak," ujar Elmi, Rabu (11/9/2019).

Penyiar kelahiran Bandung 8 maret 1980 ini mengenang, pertemuan antara ketiganya diawali dari audisi penyiar di Radio Hardrock FM Bandung di tahun 2001. Saat itu sih Elmi dan Wanda belum punya program, sampai akhirnya keduanya dipertemukan dengan Roni Budiman yang saat itu bekerja di salah satu perusahaan rokok.

Sejak saat itu, mereka bertiga mengawal program radio bertitel Dongeng Urban yang sempat hit di zamannya. Enggak cuma siaran, gaya bercanda yang segar itu pula yang mengantarkan mereka mengikuti Audisi Pelawak Indonesia (API). Meskipun belum berhasil jadi juara, bagi ketiganya pengalaman itu juga menyimpan banyak cerita berkesan.

Baca Ini Juga Yuk: 8 Hal Berkesan yang Bisa Kamu Dapatkan Cuma Lewat Radio

"Semua berawal dari radio sih sampai ada cerita kita ikut ajang API, balik lagi jadi penyiar, jadi MC bertiga di banyak acara dan sempat juga jadi presenter acara Persib di TV swasta lokal. Kita juga belajar bareng gimana caranya membangun image lewat media sosial dan sampai akhirnya kita punya web series di kanal YouTube," ungkap Elmi.

Selama 18 tahun bersama, Elmi juga menganggap Trio Urban lebih dari sebatas persahabatan. Saat mereka siaran atau mengawal acara, ketiganya tak lagi canggung loh atau pusing merumuskan konsep karena satu sama lain sudah memahami perannya.

"Awalnya sih kita suka riweuh ya mempersiapkan konsep siaran, MC atau melawak. Kalau sekarang sih kayak sudah paham chemistry, siapa yang jadi punch line siapa yang akan merespons dengan candaan, jadi semua mengalir natural," kisahnya.

Kini Trio Urban memang sudah mapan ya TemanBaik. Karena bakat mereka di dunia broadcasting, Elmi, Wanda dan Roni memang sudah sukses meraih banyak hal. Tapi Trio Urban enggak pernah lepas bermimpi dan berinovasi loh.

Selain menjaga eksistensi di dunia maya, mereka juga harus terus memperbarui wawasan dan gaya bercandanya ya biar terus dicintai masyarakat. Tepat di Hari Radio Nasional, Elmi juga berpesan nih TemanBaik, siapa pun yang punya mimpi untuk terkenal harus berani memperjuangkannya ya. Jangan malu atau rendah diri.

"Buat yang pengin merintis karier di dunia radio, ingat satu hal ya kalian harus Istiqomah alias konsisten menjalani semuanya," pungkasnya.

Foto: dokumentasi Trio Urban


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler