Lihat Lebih Dekat Si Gatotkaca, Pesawat Canggih Karya BJ Habibie

Bandung - Salah satu karya terbaik yang dibuat oleh BJ Habibie hingga kini masih terawat baik di hanggar yang berada di komplek PT Dirgantara Indonesia. Pesawat N-250 Gatotkaca atau dikenal juga dengan sebutan Gatotkoco dengan gagahnya berdiri. BeritaBaik berkesempatan melihat pesawat ini, lihat lebih dekat yuk!

Pesawat ini dirancang dan dibuat oleh BJ Habibie bersama tim di Nurtanio (sekarang PT DI) dan sukses terbang pada 10 Agustus 1995.

"N250 adalah pesawat terbang tercanggih di dunia di kelasnya pada kala itu. Ini adalah karya kebanggaan bangsa," ujar Adi Prastowo, Manager Komunikasi Perusahaan PT DI di hanggar N250 Komplek PT DI Jalan Pajajaran, Kamis (12/9/2019).

Penerbangan perdana N250 pada 10 Agustus pun berlangsung sukses bahkan dijadikan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional. N250 adalah pesawat turboprop berkapasitas 50 orang. "Pesawat ini sudah keliling dunia, dengan jam terbang sekitar 500 jam," tuturnya.

Baca Ini Juga Yuk: Mengenang Perjalanan Hidup BJ Habibie Presiden RI ke-3

Sayangnya pesawat canggih karya emas Habibie ini belum sempat diproduksi untuk komersil atau secara masal karena Indonesia terkena serangan krisis moneter pada 1998 sehingga pengembangan dan produksi jadi terhenti.

Selain N250 Gatotkaca, ada juga N250 Kerincing Wesi yang merupakan seri lanjutan N250. Keduanya masih tersimpan di hanggar. Saat melihat Gatot Kaca dari dekat kondisinya masih sangat baik. Di sisi kanan dan kiri luar pesawat dekat ruang pilot terpasang gambar Wayang Gatotkaca.

Pesawat ini menjadi saksi bisu Indonesia pernah berjaya di industri pesawat terbang lewat kecerdasan BJ Habibie.


Foto: Tya Eka Yulianti/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler