Wah! Pesawat N250 Bakal Pindah Rumah ke Yogyakarta

Bandung - Pesawat terbang N250 karya emas BJ Habibie bersama PT Dirgantara Indonesia (dulu Nurtanio) bakal segera pindah rumah. Dari hanggar di komplek PT Dirgantara Indonesia (PT DI), N250 seri pertama, yakni Gatotkaca akan dibawa ke Yogyakarta.

Adi Prastowo, Manager Komunikasi Perusahaan PT DI menuturkan, Gatotkaca akan menempati 'singgasana' barunya di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla), Yogyakarta.

"Iya, pesawat ini akan dibawa ke Yogyakarta untuk disimpan di museum," ungkap Adi, Kamis (12/9/2019).

Pesawat tercangggih yang dibuat pada 1995 akan dipamerkan di sana. Administrasi pengiriman tengah diurus supaya burung besi karya emas BJ Habibie bersama PT DI ini bisa segera terlaksana. Proses pemindahan Gatotkaca bakal menempuh jalur darat, karena pesawat ini kini sudah tak lagi mampu terbang.

Baca Ini Juga Yuk: Lihat Lebih Dekat Si Gatotkaca, Pesawat Canggih Karya BJ Habibie

"Pesawat N250 ini terakhir terbang pada tahun 1998. Padahal sebelumnya pesawat ini sudah terbang keliling dunia," katanya.

Karena melalui jalur darat, pesawat ini akan dicopot beberapa bagiannya untuk kemudian dirakit kembali di Yogyakarta. Bagian yang dilepas yaitu sayap pesawat.

"Dikirimnya pakai kontainer. Tentu nanti perjalanannya akan dikawal ketat," tutur Adi.

Pesawat N250 ini adalah pesawat dirancang dan dibangun secara keseluruhan oleh anak bangsa di bawah arahan BJ Habibie. Pesawat berpenumpang 50 orang ini merupakan yang paling canggih di kelasnya pada masa itu. Sayangnya, proyek pesawat ini harus berhenti akibat krisis moneter di tahun 1998.


Foto: Tya Eka Yulianti/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler