Serunya Berbagi Ide Kreatif Bahan Daur Ulang Lewat Kampanye 5R

Bandung - Siapa bilang sampah cuma bisa berakhir di tempat sampah saja? Ada banyak cara loh untuk membuatnya menjadi sesuatu yang berharga. Konsep itu bisa dipilih melalui daur ulang.

Nah untuk menumbuhkan sisi kreativitas anak-anak sekaligus kecintaan terhadap lingkungan, aktivis Eko Herry Waluyo bersama dengan PT Trinseo Material Indonesia menggelar acara seru nih, namanya Kelas Seni Kreatif yang digelar di SD Taruna Bakti Bandung pada Kamis (12/09/2019).

Sekitar 100 anak diajak menjajal kemampuannya untuk mengulik pernak pernik bermanfaat dengan bahan dasar dari daur ulang styrofoam bekas. Enggak cuma bikin kerajinan nih TemanBaik, kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan anak-anak agar bisa memanfaatkan kemasan makanan menjadi karya seni yang lebih menarik lagi.

Kepala Sekolah SD Taruna Bakti Irma Meirani mengatakan, adanya kegiatan kelas seni ini membantu para siswanya untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam berkarya. Pesan lain yang lebih penting, anak-anak juga harus paham kalau meminimalisir sampah plastik harus menjadi gaya hidup dalam keseharian mereka.

"Kami senang sekali bisa menjadi bagian dari kelas seni ini. Anak-anak jadi bisa lebih menumbuhkan jiwa kreativitasnya dan menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Ditambah lagi, kegiatan ini juga sejalan dengan visi misi sekolah kami," ujarnya di sela acara berlangsung.

Baca Ini Juga Yuk: Kabupaten Banyuwangi Luncurkan Sentra Kuliner Ramah Lingkungan

Sekitar 100 orang anak-anak SD Taruna Bakti ini mengikuti seluruh sesi kegiatan. Semuanya tampak antusias loh. Mereka juga diajak untuk membuat karya dengan tema hewan badak agar mereka juga kenal dan peduli, kalau hewan langka ini juga wajib dilindungi.

"Kegiatan daur ulang memang harus diajarkan sejak dini kepada mereka, karena ini juga jadi cara menumbuhkan rasa tanggung jawab juga pada anak-anak. Ternyata sampah juga bisa loh dibikin jadi sesuatu yang menarik," papar Eko Herry Waluyo.

Sementara itu Hanggara Sukandar, Presiden Direktur PT Trinseo Material Indonesia menjelaskan, jika pengelolaan sampah tidak hanya bisa dilakukan dengan konsep 3R yakni Refuse, Reduce, dan Reuse saja, tapi juga bisa dilakukan dengan konsep 5R yakni dengan tambahan Recovery dan Recycle.

"Sebenarnya styrofoam itu bisa jadi sesuatu yang menguntungkan loh. Mengingat styrofoam bisa 100 persen dipulihkan dan didaur ulang. Salah satu cara mendaur ulangnya adalah seperti yang dilakukan oleh Pak Eko, ia mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan memiliki nilai khusus," paparnya.


Foto: Dini Yustiani/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler