Lihat Lebih Detail Kursi Roda untuk Atlet Basket Disabilitas

Bandung - TemanBaik ada yang sudah tahu dengan olahraga basket kursi roda? Olahraga ini sudah mulai dikembangkan di Indonesia sejak beberapa tahun lalu, khususnya bagi kalangan disabilitas tunadaksa.

Tapi, TemanBaik tahu enggak jika ternyata kursi roda untuk bermain basket ini berbeda dengan kursi roda pada umumnya? Kursi rodanya dibuat khusus dan detail banget loh. Yuk, simak ulasannya!

"Banyak sih bedanya dibanding kursi roda biasa. Yang paling utama, rodanya sedikit lebih miring," kata Direktur Jakarta Swift Wheelchair Ball Donald Putra Santoso.

Kenapa ya rodanya harus lebih miring dari kursi roda biasa? Tujuannya agar pemain bisa bergerak lebih leluasa dan stabil. Dengan roda seperti ini, kursi rodanya juga bisa lebih mudah melakukan gerakan memutar demi men-dribble atau merebut bola dari lawan.

Pada bagian depan bawah, terdapat semacam bemper khusus yang terbuat dari besi. Bemper ini berfungsi melindungi penggunanya dari tabrakan. Sehingga, saat terjadi tabrakan dengan pemain lain, penggunanya tidak akan langsung terkena kursi roda lawan. Sebab, bagian bemper ini lebih menonjol dari tempat duduk.

"Dengan bemper ini kita bisa main tabrak dan defense," ungkapnya.

Ada juga semacam sabuk pengaman. Sabuk ini dipasang di sekitar paha. Dengan sabuk ini, penggunanya akan terhindar dari kemungkinan terjatuh dari kursi roda. Sebab, paha penggunanya sudah terikat dengan aman dan nyaman pada kursi roda.

"Selain itu juga ada roda (kecil) di bagian belakang kursi roda. Ini biar kursi roda enggak mudah jatuh ke belakang," jelas Donald.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler