Gandeng IPB, Pemkab Sigi Deklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat

Sigi Biromaru - Demi menumbuhkan sumber daya manusia (SDM) di bidang peternakan, Pemerintah Kabupaten Sigi bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Insititut Pertanian Bogor (IPB) mendeklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Anutapura.

Wakil Kepala LPPM Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Prof. Sugeng Heri Suseno mengatakan dengan adanya SPR, IPB siap melayani para peternak yang sudah dilantik menjadi anggota SPR selama 24 jam penuh setiap harinya.

"Diharapkan peternakan yang tergabung dalam SPR nantinya dapat memelihara dan mengembangkan ternaknya menjadi ternak yang gemuk," ujarnya yang dilansir dari laman ipb.ac.id.

Sementara itu, perwakilan Pemkab Sigi, Iskandar Nongtji mengungkapkan bahwa Pemkab sendiri ingin turut membina dan memfasilitasi peternak dengan memberikan bantuan ternak.

Baca Ini Juga Yuk: Sumatra Selatan Gencarkan Peternakan Kerbau Rawa Pakai Cara Ini

Inovasi ini dilakukan sebagai salah satu program terobosan pemerintah daerah yang bertujuan untuk upaya pengentasan kemiskinan di sektor peternakan.

Sebelumnya sejak tahun 2017, pemerintah daerah juga telah memberikan Hibah Bansos ternak kepada kelompok-kelompok tani ternak sebanyak 1.000 ekor ternak setiap tahun. Ternak yang diberikan terdiri dari ternak sapi sebanyak 500 ekor, kambing 300 ekor dan babi 200 ekor.

"Semoga para peternak dapat manfaatkan dengan sebaik-baiknya program ini untuk menimba ilmu dan menyerap pengetahuan. Dan belajar mengenai cara budidaya ternak dengan baik dari para pakar-pakar yang ahli di bidang pengolahan dan manajemen peternakan," ungkap Iskandar.

Foto: ipb.ac.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler