Sekarang Pekalongan Punya Pusat Kesejahteraan Sosial Loh!

Pekalongan - Untuk memberikan pelayanan yang mudah dan cepat bagi masyarakat di Kelurahan Noyontaansari, Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan, Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz meresmikan Puskesos Barokah. Apa sih Puskesos itu?

Puskesos adalah singkatan dari Pusat Kesejahteraan Sosial yang dibuat untuk memberikan pelayanan yang mudah dan cepat bagi masyarakat khususnya untuk menangani masalah kesejahteraan sosial. Puskesos yang diberi nama Puskesos Barokah ini diresmikan oleh Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz didampingi jajaran pemerintahan terkait.

Menurutnya, Puskesos merupakan tempat pemberian pelayanan yang terintegrasi di bidang pelayanan kesejahteraan sosial, yang berkedudukan di kelurahan. Puskesos bisa disebut juga kepanjangan tangan kinerja dari Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) untuk perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

"Keberadaan SLRT didasarkan pada pemanfaatan pelayanan pendidikan, kesehatan, kependudukan, dan pelayanan dasar lainnya yang dibutuhkan masyarakat. Integrasi SLRT dengan Puskesos bisa menjadi sistem yang membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin," tutur Saelany di laman pekalongankota.go.id.

Puskesos dapat membantu mengindentifikasi keluhan masyarakat miskin, melakukan rujukan dan memantau penangangan keluhan untuk memastikan bahwa keluhan-keluhan tersebut ditangani dengan baik.

"Adanya Puskesos ini untuk membangun komitmen kerja sama untuk menanggulangi permasalahan kesejahteraan sosial agar lebih cepat, efektif, komprehensif, dan maksimal. Harapannya dengan upaya yang dilakukan ini dapat menurunkan angka kemiskinan di Kota Pekalongan. Selain itu, pemberian bantuan kepada masyarakat semakin tepat sasaran sehingga tak ada komplain tentang pemberian bantuan untuk orang mampu dan di sisi lain yang miskin tidak mendapatkan bantuan," terang Saelany.

Sementara itu, Lurah Noyontaansari, Sumadi menjelaskan bahwa Puskesos ini lembaga yang dibentuk Kelurahan Noyontaansari untuk memudahkan warga miskin atau rentan miskin di dalam perlindungan sosial yang sasarannya warga miskin, rentan miskin, dan yang butuh perlindungan sosial.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DinsosP2KB) Kota Pekalongan untuk datanya sudah kami terima yang tahun 2019. Termasuk kelengkapan pelayanan seperti blangko dan berkas lainnya juga telah siap," kata Sumadi.

Foto: pekalongan.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler