Mau Jadi Relawan? Perhatikan Tips dari Intan Syafrini Dulu

Bandung - Pada tahun 2015, Intan Syafrini Fazrianti memutuskan untuk terlibat menjadi relawan saat terjadi kabut asap di Kalimantan. Kepeduliannya itu membuatnya bergabung menjadi salah satu volunteer bersama Sekolah Relawan untuk membantu masyarakat di Kalimantan yang terkena dampak kebakaran hutan.

Saat itu, Intan menjadi satu-satunya relawan perempuan yang terjun ke lapangan bersama Sekolah Relawan. Sementara yang lainnya, mayoritas adalah laki-laki. Tapi, walaupun dirinya perempuan, sama sekali tidak menyurutkan tekadnya untuk membantu sesama.

Sekarang Intan juga akan kembali berangkat ke Kalimantan Barat, tepatnya Pontianak untuk membantu korban terdampak kabut asap yang menimpa masyarakat di sana sejak beberapa waktu ke belakang.

Nah, sebagai relawan yang sudah berkali-kali terjun ke lapangan, Intan berbagi tipsnya nih buat kamu yang tertarik terjun di dunia kerelawan. Ini dia tipsnya:

Perhatikan Fisik
Ketika menjadi relawan, kita harus siap dengan segala kondisi yang terjadi di lapangan. Karena itu, agar bisa melaksanakan tugas sebagai relawan, kamu harus memperhatikan kondisi fisik kamu. Jangan sampai saat kamu bertindak sebagai relawan sedang dalam kondisi yang tidak sehat. Relawan itu harus punya fisik yang kuat.

Baca Ini Juga Yuk: Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Saat Jadi Relawan

Tidak Punya Gangguan Pernapasan
Selain harus punya fisik yang kuat, menjadi relawan juga mengharuskan kamu untuk sehat lahir batin. Tidak disarankan bagi kamu yang memiliki gangguan pernapasan. Apalagi kalau kamu mau menjadi relawan di Kalimantan dalam menangani kabut asap yang sedang terjadi sekarang ini.

Pakai Sepatu Sesuai Medan yang Dituju
Ketika menjadi relawan, utamakanlah untuk memakai sepatu yang proper. Pakai sepatu yang nyaman dan aman digunakan di medan yang akan kamu datangi nanti. Nah, kalau kamu jadi relawan yang akan pergi ke Kalimantan, mendingan siapin sepatu yang bisa menunjang segala aktivitasmu nanti di sana. "Kalau di Kalimantan kan kita masuk ke ladang gambut, jadi harus siapkan sepatu yang proper," kata Intan menyarankan.

Ikhlas
Menjadi relawan adalah kegiatan sukarela alias tidak dibayar. Jadi, ketika kamu memutuskan untuk menjadi relawan, pastikan kamu sudah tahu apa yang akan kamu lakukan nanti harus berdasarkan keinginan sendiri, bukan sesuatu yang dipaksakan, apalagi mengharapkan imbalan. "Jadi relawan itu harus ikhlas. Kalau kita enggak ikhlas akan susah saat di lapangan nanti," terang Intan.

Buat TemanBaik yang juga ingin membantu dan terlibat sebagai volunteer seperti yang lainnya, caranya gampang kok, kamu hanya perlu menghubungi kontak Sekolah Relawan melalui DM Instagram @sekolahrelawan. Bisa juga langsung menghubungi kontak Sekolah Relawan di nomor 081311097711. Selanjutnya pihak Sekolah Relawan akan memberikan informasi lebih lanjut kepada kamu. Yuk tunjukkan kepedulian kamu, TemanBaik!


Foto: Instagram.com/vndrlvst

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler