Ini Jenis Masker yang Tepat Buat Warga yang Terdampak Kabut Asap

Bandung - TemanBaik tahu kan kebakaran hutan sedang melanda sejumlah daerah di Indonesia? Mulai dari Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Asap yang ditimbulkan akibat kebakaran itu pun jelas berbahaya bagi kesehatan. Apalagi, kebakaran yang terjadi sangat lama. Di saat yang sama, warga sekitar terus-menerus menghisap asap. Salah satu penyakit yang jelas mengancam di depan mata adalah infeksi saluran pernapasan.

Kebaikan pun hadir dari masyarakat Indonesia. Banyak yang mulai mengirim berbagai bantuan untuk warga terdampak kebakaran hutan, salah satunya mengirimkan masker. Tujuannya untuk mencegah mereka terjangkit penyakit pernapasan.

Nah, TemanBaik juga ingin mengirim bantuan masker? Sebelum mengirim bantuan, sebaiknya perhatikan jenis maskernya ya. Yang paling disarankan untuk dikirim sebagai bantuan adalah masker tipe N95.

"Saran saya sebagai seorang klinisi di bidang pernapasan, kalau mau memberi sumbangan yang berguna buat penduduk di sana yang punya efek proteksi, kita menyarankan mengirim masker N95," ujar dokter spesialis penyakit konsultan respirologi dan kritis respirasi Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung Hendarsyah Suryadinata.

Kenapa sih masker tipe N95 yang disarankan? Itu karena masker ini memiliki kemampuan proteksi tinggi dibanding masker biasa yang umum dipakai masyarakat. Sebab, kemampuan menyaring polusinya tergolong lebih tinggi dibanding masker biasa.

Baca Ini Juga Yuk: Jangan Keliru! Begini Cara Pakai Masker Kesehatan yang Benar

Tapi, berikan juga penjelasan bagaimana cara masker itu dipasang serta perawatannya, salah satunya tak boleh terkena air. Selain itu, kirim masker dengan beragam ukuran. Sebab, masker itu terdiri dari beragam ukuran disesuaikan dengan wajah penggunanya, terutama area sekitar mulut dan hidung.

Jika hanya dipakai sesekali di luar rumah, misalnya untuk perjalanan dari rumah ke tempat kerja, masker N95 bisa efektif dipakai empat hingga tujuh hari. Sedangkan jika intens beraktivitas di luar rumah saat dan terpapar asap kebakaran hutan, penggunaannya efektif untuk dua hingga tiga hari.

Lalu, bagaimana dengan masker bedah atau yang banyak dipakai masyarakat? Daya tahan atau efektivitasnya menyaring udara jauh lebih rendah dibanding masker tipe N95. Bahkan, efektivitasnya hanya untuk empat jam saja loh! Apalagi jika asap di luar sangat pekat, efektivitasnya bisa kurang dari empat jam.

Jika menyumbangkan masker bedah untuk warga terdampak kebakaran hutan, jelas itu tidak terlalu efektif. Sebab, dalam sehari, warga perlu mengganti masker bedah beberapa kali. Sedangkan jika menggunakan masker N95, satu masker bisa dipakai beberapa hari.

"Jadi, menurut saya lebih baik menyumbangkan sesuatu yang akan berguna (lebih lama) bagi penduduk di sana," ucap Hendarsyah.

Di mana sih bisa membeli masker tipe N95? Masker ini dijual bebas kok, siapa saja bisa membelinya. Biasanya, masker ini dijual di pusat penjualan alat-alat kesehatan. Di marketplace juga sudah banyak kok yang menjualnya.

Soal harga, masker tipe N95 memang jauh lebih mahal dibanding masker bedah. Harganya puluhan ribu tergantung merek dan kualitasnya. Tapi, secara manfaat kan sudah jelas jauh lebih efektif. Bahkan, ada tipe lain yang jauh lebih baik dari tipe N95. Harganya pun lebih mahal, tapi pasti kualitasnya jauh lebih baik.


Foto: Shutterstock

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler