Keren! Penyandang Disabilitas Ini Ciptakan Tempat Sampah Pintar

Wonosobo - Siapa bilang penyandang disabilitas enggak mampu unjuk kebolehan, sama seperti yang lainnya, mereka juga memiliki kemampuan yang serba bisa loh. Di ajang Pameran Produk Inovasi (PPI), yang digelar di Alun-alun Wonosobo, Jawa Tengah pada 20-22 September 2019 pemuda asal Solo memamerkan karyanya yang inovatif.

Dia adalah Heru Supriyanto, penyandang disabilitas yang membuat tempat sampah pintar bersama Difabel Solo Peduli.

Berbeda dengan tong sampah yang biasa, yang untuk membukanya harus diinjak atau dibuka secara manual, tempat sampah buatan penyandang disabilitas itu akan terbuka sendiri saat si pembuang sampah mendekat ke arah tempat sampah.

“Jadi, kalau kita mendekat (tutupnya) akan membuka. Kemudian kalau kita tinggalkan, akan mengeluarkan suara ucapan terima kasih dan menutup,” beber pria asal Surakarta ini yang dilansir dari laman jatengprov.go.id.

Karena inovasi tempat sampah pintarnya ini, karya Heru mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. Ia lalu menceritakan pengalamannya saat didatangi teman-teman tunanetra yang memamerkan inovasi teknologi komunikasi berupa gadget.

Baca Ini Juga Yuk: Rizwan Hermawan dan Cerita Bahasa Isyarat yang Mengantarnya Umrah

“Mereka itu inovasinya patut diacungi jempol. Beberapa hari yg lalu di ruangan saya datang teman-teman difabel dari tunanetra. Mereka mengajari saya tentang aplikasi-aplikasi dan pelajaran dari HP, mereka mengajarkan Alquran pakai HP, menyanyi, main musik pakai HP. Mereka tidak bisa melihat, tapi tahu apa yang terjadi di ruangan,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Gus Yasin ini juga berupaya untuk memberikan fasilitas kepada para difabel dalam berbagai bentuk. Mulai pembenahan kantor dan tempat-tempat umum ramah difabel hingga fasilitasi lainnya.

Tak hanya itu, mereka juga diajak untuk terlibat dalam perencanaan pembangunan melalui Musrenbang Provinsi Jawa Tengah loh, TemanBaik.


Foto: Diskominfo Jateng


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler