Waktu Rahasia dan Uang Tak Terbatas ala Ridwan Kamil

Bandung - TemanBaik pasti tahu kan dengan sosok Ridwan Kamil yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat sejak September 2018? Sebagai pejabat, ia jelas memiliki banyak kesibukan. Jam kerjanya pun bisa dibilang enggak jelas. Bahkan, pria yang akrab disapa Emil itu juga kerap tetap bekerja hingga larut malam.

Tapi, ada hal menarik dari sosok Emil. Ia dikenal sebagai sosok suami yang menyangi istri, anak-anak, orangtua, dan keluarga besarnya. Mau tahu buktinya?

Setiap hari, Emil ternyata punya waktu rahasia yang hanya khusus diberikan untuk istri dan anak-anaknya. Waktu khususnya adalah setiap pukul 18.00-21.00 WIB. Dalam tiga jam hanya ia gunakan bersama mereka, baik untuk bercengkrama, belajar, atau beragam kegiatan lainnya.

Seminimal mungkin gawai pun dijauhkan. Sebab, gawai bisa jadi penghalang untuk menikmati waktu berkualitas yang sangat terbatas itu.

"Kita kan ada program dari magrib sampai jam 9 malam kita kurangi (penggunaan gawai), karena itu ruang-ruang (pribadi) saya. Makanya saya jam segitu enggak boleh diganggu karena itu haknya keluarga," kata Emil saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (24/9/2019).


Selama bersama keluarga di waktu tersebut, ia menanggalkan jabatannya sebagai orang nomor satu di Jawa Barat. Di jam itu ia adalah seorang suami sekaligus ayah bagi anak-anaknya. Tak ada pekerjaan yang dikerjaan jika memang tidak mendesak.

Setelah melewati pukul 21.00 WIB, Emil biasanya baru kembali membuka waktu untuk bekerja. Maklum, mengurus Jawa Barat enggak cukup jika mengandalkan jam kerja kantoran PNS yang rata-rata pukul 08.00-16.00 WIB.

"Kalau setelah jam 9 malam ada emergency (hal darurat yang harus dikerjakan), baru saya buka ruang-ruang untuk rapat atau apa," jelasnya.

Selain itu, Emil juga selalu berusaha meluangkan waktu saat sedang libur dari kegiatan dinasnya. Akhir pekan lalu misalnya, ia berwisata dengan keluarganya.

"Kemarin saya jalan kaki dari Maribaya ke Tahura (Taman Hutan Raya di Bandung), sama keluarga, tanpa gadget juga, melihat pohon, melihat monyet, dan berinteraksi," tuturnya.


Hal lain yang juga tak kalah menarik adalah Emil memiliki uang tak terbatas untuk anak-anaknya. Tapi, jangan salah sangka dulu ya. Uang tak terbatas itu hanya untuk membeli buku. Sebab, ia memandang literasi sangat penting untuk anak-anaknya.

"Kalau anak saya ada anggaran buat beli buku, setiap ke toko buku beli buku, dan tidak saya batasi anggarannya," ungkapnya.

Tapi, untuk urusan lain, jangan harap sang anak akan dimanja dengan gelimang harta. Sebab, Emil selalu menanamkan gaya hidup sederhana. Anak-anaknya bahkan terbiasa naik sepeda, naik angkot, termasuk naik ojek online untuk sekolah. Mereka ke mana-mana tanpa kawalan dan pelayanan istimewa selayaknya beberapa anak pejabat lain.

Kemandirian dan kesederhanaan itu ia terapkan sudah lama loh, bahkan jauh sebelum ia jadi Wali Kota Bandung. Tak ada perubahan signifikan dari gaya hidup Emil dan keluarganya meski sejak 2013 ia jadi pejabat.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler