Pohon Tabebuya Bikin Swafoto di Jalan Braga Makin Ciamik

Bandung - TemanBaik ada yang pernah ke Jalan Braga di Kota Bandung? Jalan ini merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan, baik lokal maupun asing. Keindahan di sana seolah menjadi magnet tersendiri yang mampu menarik wisatawan.

Yang paling menarik dari Jalan Braga adalah banyaknya heritage atau bangunan bersejarah. Desain arsitektur khas kolonial Hindia Belanda dipertahankan dengan apik. Bahkan, banyak area pertokoan yang cukup ikonik untuk dijadikan latar belakang swafoto.

Banyak juga loh sejoli yang sengaja datang ke sana hanya untuk sekedar foto pranikah. Dijamin keren deh hasilnya, apalagi jika fotografernya jeli melihat objek menarik di sana.

Tapi, dalam dua pekan ini ada keindahan tambahan loh di Jalan Braga. Pohon Tabebuya di sana bunga-bunganya sedang mekar. Bahkan, banyak yang menyebut bunga Tabebuya mirip bunga Sakura khas Jepang. Bedanya, warna bunga pada pohon Tebebuya berwarna kuning.

Pohon ini berjejer dengan jarak beberapa meter. Masing-masing pohon tingginya rata-rata lebih dari 3 meter. Karena warna bunganya yang ngejreng, Tabebuya jadi pembeda suasana Braga yang jadi lebih berwarna loh.

"Sudah dua mingguan ini bunga-bunganya mekar. Mekarnya biasanya setahun sekali," kata Tatang Suryana, juru parkir di Jalan Braga, Jumat (4/10/2019).


Pohon itu menurutnya sudah cukup lama ada di sana. Ia sendiri lupa kapan pohon Tabebuya itu ditanam. Tapi, seingatnya, pohon itu ditanam saat Kota Bandung dipimpin Wali Kota Dada Rosada.

"Saya tahu pohon-pohon ini dari masih kecil. Tapi karena sudah gede, sejak beberapa tahun lalu kalau bunganya mekar memang bagus," tuturnya.

Karena keindahannya, dalam dua minggu belakangan ini, banyak loh yang sengaja berkunjung ke Braga demi berswafoto. Latar belakangnya tentu saja pohon Tabebuya. Mena Marliani (41), misalnya, warga Bandung ini sengaja datang ke sana hanya untuk sekadar berswafoto.

"Lucu bunganya, kayak bunga Sakura, kebetulan saya juga suka warna kuning," ucap Mena.

Ia mengaku cukup sering melintas ke Jalan Braga. Tapi, kali ini ia sengaja memang ke sana hanya untuk berfoto. Ia tak mau kehilangan momen saat pohon Tabebuya itu dalam fase mekar.

Mena sendiri awalnya tak tahu pohon apa yang beberapa hari lalu membuatnya jatuh cinta. Setelah mencari informasi di internet, ia baru tahu ternyata pohon kuning itu bernama Tabebuya.


Pohon Tabebuya sendiri enggak banyak loh TemanBaik di Kota Bandung. Hanya ada beberapa titik saja yang ditanami pohon ini oleh Pemkot Bandung. Selain di Braga, salah satu lokasinya ada di sekitar Jalan Sukajadi.

Tapi, jika TemanBaik ingin berswafoto dengan latar belakang pohon Tabebuya, Jalan Braga sangat kita rekomendasikan. Tinggal kejelian kamu deh melihat pohon mana yang bagus untuk dijadikan latar belakang foto. Sebab, sebagian bunganya sudah mulai berguguran.

Tabebuya sendiri merupakan pohon asli Brasil yang biasanya ditanam di daerah beriklim kering. Khusus di Bandung, yang ditanam adalah jenis Tabebuya kuning atau dengan nama latin Handroanthus chrysotrichus.

Di Indonesia, tanaman ini hanya ada di beberapa daerah, di antaranya Surabaya, Malang, Magelang, Purwokerto, dan Kediri. Salah satu yang paling terkenal adalah di Surabaya dengan Tabebuya berwarna merah muda.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler