Belajar Jadi Warganet Cerdas dan Produktif di Netizen Fair 2019

Jakarta - Siberkreasi, sebuah Gerakan Nasional Literasi Digital merupakan gerakan sinergis yang mendorong pengguna internet netizen di Indonesia dalam menggunakan internet secara lebih bijak dan bertanggung jawab.

Gerakan yang diinisiasi oleh beberapa kementerian, lembaga, komunitas dan organisasi, media dan juga sektor privat. Sejak diluncurkan pada 2017 lalu, Siberkreasi telah mewadahi 102 lembaga/komunitas dari berbagai unsur, menjangkau 442 lokasi dengan lebih dari 185.000 peserta aktif yang dikemas dalam program-program sinergi, dan menyebarluaskan 73 buku seri literasi digital yang telah diunduh sebanyak 180.000 kali.

Program unggulan Siberkreasi antara lain, School of Influencer, Pandu Digital, Kreator Nongkrong, dan literasidigital.id. Dengan literasidigital.id, masyarakat dapat mendapatkan pengetahuan seputar pendidikan digital, ekonomi digital, cybercrime, dan lain lain dalam bentuk buku, video, dan infografis yang dapat diunduh secara gratis.

Pada Sabtu (5/10/2019) besok, Siberkreasi menggelar Siberkreasi Netizen Fair 2019 yang berlangsung di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta. Kegiatan ini merupakan gelaran ketiga setelah dua tahun sebelumnya Siberkreasi Netizen Fair sukses digelar.

Tema tahun ini yaitu "Creator Generation" pada tahun ini, Siberkreasi Netizen Fair 2019 hadir yang akan mengajak generasi muda lebih bebas menuangkan dalam berekspresi
serta mendorong anak muda agar mampu memanfaatkan teknologi dengan memproduksi konten positif yang bisa berguna bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan kurang fasilitas untuk mengembangkan kreativitas baik di sekolah maupun di rumah.

Ada apa saja di Siberkreasi Netizen Fair? Catat nih!

DigiConference
Dibuka dengan speech oleh Semmuel A. Pengerapan selaku Dirjen Aptika Kementrian Komunikasi dan Informatika. DigiConference pertama bertema “Beat The Negativity with Positive Mind” dengan pembicara Menteri Kominfo Rudiantara dan Walikota Bogor Bima Arya. Bak pisau bermata dua, media sosial saat ini memiliki 2 sisi baik dari sisi positif maupun negatif. Chief RA sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika RI akan menyampaikan pentingnya literasi digital dan upaya penanggulangan konten negatif di dunia maya seperti hoax, cyber bullying, penyebaran data pribadi, dsb.

Lalu Bima Arya sebagai Walikota Bogor, akan membagikan kampanye-kampanye digital apa saja yang telah dilakukannya untuk mendekatkan diri pada warga, khususnya di kota Bogor. Ia juga akan berbagi pengalaman pribadi ketika berinteraksi dengan netizen yang cenderung aktif memberi komentar.

Selain itu ada DigiConference kedua dengan “Spread Love, Have Fun” DigiConference ini menghadirkan Arif Muhammad (Mak Beti), Bude Sumiyati dan Yosi Mokalu. Dalam dunia digital saat ini, banyak platform media sosial yang dapat digunakan sebagai media berkreasi. Tentunya hal ini seharusnya bisa mengasah kreativitas dari para konten creator dalam memproduksi konten mereka.

Bentuk konten positif dapat terdiri dari berbagai macam, salah satunya adalah konten-konten lucu dan receh dalam bentuk quotes yang sering dibuat oleh Bude Sumiyati, selain itu video-video lucu seperti yang dilakukan oleh Arif Muhammad, dan ada juga video-video sarat akan informasi yang dikemas dengan visual dan musik yang menarik oleh Yosi Mokalu.

Acara puncak Siberkreasi Netizen Fair 2019 dengan spesial talkshow bersama Presiden Joko Widodo dan speech dari Menkominfo Rudiantara.

DigiWorkshop
Workshop digelar dalam sembilan tema berbeda. Pertama, Coding and Robotics For Kids dengan pengisi Rumah Robotika Indonesia. Kedua, Digital Parenting oleh Diena Haryana, Marcella Zalianty, Rita Nurlita, Nirina Zubir dan Ernest. Ketiga, workshop E-Sport Industry oleh NXG dan Onic. Keempat, workshop Hoax and Fact Checking oleh Mafindo dan RTIK Indonesia. Kelima, Social Media and Future Technology oleh Onno Purbo dan Yudho Giri. Keenam, workshop Social Media for Business oleh tim Facebook Indonesia. Ketujuh, workshop Online Platforn for Business oleh tim Google Indonesia. Kedelapan, workshop Digital Personal Branding oleh Ndoro Kakung, Fathia Izzati, Adita Irawati dan Dennis Adhiswara. Kesembilan, workshop Content Creation blogging oleh Mira Sahid, Enda Nasution. Kesepuluh workshop content creation videography oleh Kreator Nongkrong, Kevin Hendrawan, Nex Carlos, dan Kreator Nongkrong. Kesebelas, workshop content creation photography & basic cinematography oleh Gemagrafi, Dicky R. Maland, Erward Suhadi dan Rendha Rais.

Siberkreasi Award (Creator Generation)
Siberkreasi, berkolaborasi dengan Metro TV, akan memberikan penghargaan kepada 12 kreator yang aktif membuat konten positif dari 6 kategori. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi bahwa konten-konten yang mereka buat telah membawa dampak positif di dunia siber. Dengan adanya penghargaan ini, masyarakat juga diharapkan semakin menghargai konten positif beserta kreator nya. Dua belas kreator dipilih berdasarkan keputusan netizen dan juri (Yosi Mokalu dan Dennis Adhiswara). Penerima penghargaan akan diapresiasi langsung oleh Presiden Joko Widodo, Rudiantara (Menkominfo), dan Dedy Permadi (Ketua Umum Siberkreasi).

Music Performance
Gelaran konser musik di penghujung acara akan menghadirkan musisi top tanah air yaitu Cameo Music, Rendy Pandugo, Sheryl Sheinafia, Petra Sihombing, Vidi Aldiano dan The Dance Company.

Masyarakat dari berbagai lapisan dapat terlibat aktif dalam menyebarluaskan internet positif agar tercipta netizen Indonesia yang kreatif, inovatif, dan produktif. Para pelaku industri digital pun diharapkan dapat berkolaborasi dan mendukung pemerintah selaku fasilitator dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang mampu bersaing di kancah global dalam industri 4.0. Siberkreasi Netizen Fair 2019 menjadi wadah yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Siberkreasi Netizen Fair adalah event yang penuh dengan energi positif dari dunia siber. Mulai dari bermacam workshop, entertainment & penghargaan. Orang harus datang untuk mendapatkan inspirasi, ilmu & kreatifitas baru, jika ingin aktif berkontribusi dalam dunia siber. Tapi juga bagi konten kreator yang sudah konsisten membuat konten positif, Netizen Fair adalah rumah mereka, karena karya mereka dihargai di situ," ujar Yosi Mokalu, Ketua Divisi Kreatif GNLD Siberkreasi dalam rilis yang diterima beritabaik.id

Untuk mengikuti Siberkreasi Netizen Fair 2019, masyarakat tidak dikenakan biaya alias gratis. Bagi yang ingin ikut serta, dapat mendaftar di website tiketsnf2019.siberkreasi.id.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler