Sebelum Masuki Musim Hujan, Perhatikan Dua Hal Penting Ini

Bandung - TemanBaik, di daerah kamu masih kemarau kan? Tapi, dalam beberapa pekan ke depan, musim hujan akan segera tiba nih. Sebelum musim hujan tiba, ada langkah penting yang harus dilakukan. Apa saja ya?

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan saluran air di sekitar rumah. Jangan sampai saluran air mampet. Ujung-ujungnya, saat hujan nanti aliran air jadi enggak lancar dan berujung banjir.

Kerja bakti dengan warga akan lebih baik dilakukan. Sebab, akan makin banyak tenaga yang terlibat. Sehingga, upaya pembersihan saluran air bisa lebih maksimal.

Langkah kedua, jika kamu memiliki halaman, bikin deh sumur resapan. Dengan begitu, air hujan akan menyerap ke dalam tanah. Kamu juga bisa membuat penampungan air. Sehingga, saat hujan terjadi, air tak terbuang sia-sia.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan warga harus bersikap bijak. Masing-masing harus berusaha mengatasi air hujan di rumahnya sendiri. Warga harus bisa mengendalikannya.

"Yang paling bagus tuh menunjukkan kalau kita itu bukan masalah bagi orang lain. Artinya kalau ada hujan di halaman kita selesaikan di halaman kita. Jadi, kalau dalam konteks itu, di halaman kita harus ada resapan," kata Didi.

Apa konsekuensinya jika tak ada sumur resapan di lingkungan kita? Akan akan terus mengalir ke tempat yang lebih rendah. Bahkan, bukan enggak mungkin air justru 'menyerang' tetangga sekitarmu. Banjir pun jadi konsekuensi yang pada akhirnya akan dirasakan dampaknya oleh banyak orang.

"Jadi secara gentleman hujan di halaman kita harus diselesaikan di halaman kita," ungkap Didi.

Ada manfaat besar loh jika kamu memiliki sumur resapan atau tempat penampungan air. Selain mencegah banjir, air hujan yang tertampung nantinya bisa dimanfaatkan saat musim kemarau. Sehingga, risiko krisis air saat kemarau bisa diminimalisir sejak jauh-jauh hari.

Foto ilustrasi Unsplash.com
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler