Suhu Udara Lagi Panas-panasnya, Waspadai Kebakaran Lahan Ya

Bandung - Memasuki masa peralihan musim, suhu udara di wilayah Bandung Raya terasa panas dibandingkan hari-hari biasanya. Hal ini disebabkan posisi matahari tengah melintasi Pulau Jawa sehingga sinarnya lebih intensif terasa.

Akibat suhu udara yang panas ini TemanBaik harus mengantisipasi meningkatnya potensi kebakaran lahan. Hal ini disampaikan Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya.

"Posisi matahari secara bertahap bergerak ke selatan khatulistiwa. Saat ini melintasi pulau jawa, sehingga sinar matahari lebih intensif. Berpotensi terbentuk awan konvektif lokal, saat siang hingga sore," ujar Toni.

Suhu udara maksimum di Bandung Raya ada di kisaran 32 derajat celsius dengan konsisi cerah berawan. Itu sebabnya TemanBaik kerap merasa gerah kepanasan padahal kondisi langit berawan.

Baca Ini Juga Yuk: Ratusan Mahasiswa Sumsel Bantu Padamkan Kebakaran Hutan

Nah, dengan kondisi seperti itu, Toni mengingatkan jika potesi kebakaran lahan jadi meningkat. Pasalnya yang rumput kering sepanjang kemarau jadi tempat yang rawan tersulut api.

"Kekeringan jadi saah satu faktor meningkatkan kebakaran. Tetapi penyebab kebakaran umumnya dari sumber api yang dibuat manusia," katanya.

Karena itu TemanBaik, jangan sampai membuang korek api atau puntung rokok ke lahan kering karena bisa berakibat fatal. Seperti yang baru saja terjadi di kawasan wisata Kawah Putih Kabupaten Bandung, di mana belasan hektare tanaman dan pohon hangus terbakar.


Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler