Pertimbangkan Dulu Hal Ini Sebelum Pakai Lensa Kontak

Bandung - TemanBaik, penggunaan contact lens atau lensa kontak saat ini sudah bukan hal aneh lagi kan? Banyak orang yang memilih menggunakan lensa kontak untuk mengatasi masalah penglihatannya.

Menurut dokter spesialis mata Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Dominica Herlijana, dr. Sp.M., M.Kes., secara umum, lensa kontak berfungsi membantu mengatasi gangguan penglihatan, misalnya mata minus.

Penggunaan lensa kontak jadi solusi bagi mereka yang enggak mau ribet memakai kacamata. Lensa kontak pun jauh lebih baik digunakan bagi pasien dengan kondisi gangguan penglihatan tertentu.

"Tujuan utama penggunaan lensa kontak itu untuk membantu orang agar bisa melihat dengan normal tanpa kacamata," kata Dominica kepada BeritaBaik.id.

Tapi, penggunaan lensa kontak enggak boleh sembarangan. Pemeriksaan ke dokter mata sangat disarankan. Tujuannya agar lensa kontak yang dipakai benar-benar sesuai kebutuhan. Dokter juga akan menyarankan jenis lensa kontak apa yang harus dipakai. Sebab, ada berbagai jenis lensa kontak dengan bahan dan fungsi tertentu.

Dokter pun enggak akan sembarangan menyarankan TemanBaik memakai lensa kontak loh. Sebab, ada kondisi tertentu yang membuat mata sangat tidak disarankan memakai lensa kontak, misalnya permukaan mata yang kering. Bentuk permukaan mata juga akan menentukan apakah kamu ideal memakai lensa kontak atau tidak.


Jika kamu disarankan menggunakan lensa kontak, jangan senang dulu karena enggak perlu pakai kacamata ya! Sebab, pengguna lensa kontak harus benar-benar apik. Kamu harus paham bagaimana cara memasang dan perawatann lensa kontak.

"Biasanya dokter mata suka enggak merekomendasikan penggunaan lensa kontak kalau orangnya jorok," ungkap Dominica.

Maksud jorok di sini pengguna lensa kontak tidak telaten. Sebab, kebersihan lensa kontak harus benar-benar dijaga dan harus steril. Saat memasangnya, pengguna juga harus mencuci tangan dengan sangat bersih. Sehingga, lensa kontak akan terminimalisir dari risiko terkontaminasi bakteri atau virus.

Lensa kontak juga harus dilepas saat malam atau menjelang tidur. Jika kamu malas melepas lensa kontak, siap-siap deh kemungkinan terkena iritasi atau masalah lainnya pada mata.

Bahkan, jika kamu suka berenang, kamu disarankan melepas lebih dulu lensa kontak. Sebab, air di kolam renang tidak menjamin aman untuk lensa dan mata kamu. Selain itu, ada berbagai hal lain yang harus kamu perhatikan dan lakukan.

Bagi sebagian orang, hal-hal seperti di atas mungkin terkesan lebih ribet dibanding menggunakan kacamata. Tapi, itu balik lagi ke pribadi TemanBaik apakah lebih nyaman menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk mengatasi masalah penglihatan. Yang jelas, konsultasikan dulu ke dokter atau ahlinya ya agar masalah penglihatanmu bisa diatasi!

Foto: Oris Riswan/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler