Catat Nih! Kapan Kotamu Alami Hari Tanpa Bayangan

Bandung - Hari tanpa bayangan merupakan fenomena unik yang bisa terjadi setiap tahun. Karena posisi Indonesia berada di sekitar ekuator, kulminasi utama atau hari tanpa bayangan akan terjadi dua kali dalam setahun. Coba lihat, kapan kota tempat TemanBaik tinggal mengalami hari tanpa bayangan.

Khusus untuk wilayah Pontianak yang terletak di khatulistiwa, fenomena kulminasi terjadi bersamaan dengan saat matahari tepat di atas khatulistiwa, yaitu pada 21 Maret 2019 dan 23 September 2019.

Sementara di wilayah lain, waktu terjadinya kulminasi utama berbeda-beda. Biasanya itu terjadi saat deklinasi matahari sama dengan lintang kota tersebut.

"Secara umum, kulminasi utama di Indonesia terjadi antara 22 Februari 2019 di Seba, Nusa Tenggara Timur hingga 5 April 2019 di Sabang, Aceh. Lalu pada 8 September 2019 di Sabang, Aceh, sampai dengan 21 Oktober 2019 di Seba, Nusa Tenggara Timur," papar Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya pada beritabaik.id


TemanBaik mau tahu kapan di daerahmu terjadi hari tanpa bayangan? Kamu bisa cek di laman resmi BMKG. Khusus di Jawa Barat, hari tanpa bayangan terjadi pada 9-13 Oktober 2019. Untuk hari ini, hari tanpa bayangan terjadi di Subang, Purwakarta, Cikarang, Cibinong, Bogor, dan Depok dengan waktu antara pukul 11:36-11:40 WIB.

Sedangkan pada 11 Oktober 2019 akan terjadi di kawasan Bandung Raya, Garut, Cianjur Sukabumi, Majalengka, Cirebon, Kuningan, dan sekitarnya. Waktunya antara pukul 11:32-11:40 WIB.

Bagaimana? Sudah catat jadwalnya dan siap mengalami hari tanpa bayangan?


Foto ilustrasi Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler