Hari Tanpa Bayangan, Fenomena Unik yang Perlu Kamu Tahu!

Bandung - TemanBaik, tahu tentang Hari Tanpa Bayangan? Jika belum tahu, kita kasih penjelasannya nih dari Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya. Fenomena ini bukan hal baru. Bahkan, setiap tahun, fenomena ini terjadi dua kali.

"Hari tanpa bayangan adalah hari di mana pada pertengahan hari tersebut jika kita berdiri dalam posisi tegak lurus, maka bayangan akan menutupi badan kita secara sempurna," kata Tony kepada BeritaBaik.id, Kamis (10/10/2019).

Bukan hanya bayangan manusia, seluruh mahkluk atau benda yang dalam posisi tegak lurus juga enggak akan terdapat bayangan. Dalam istilah astronomi, fenomena hari tanpa bayangan ini disebut dengan kulminasi.

"Kulminasi adalah fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Saat deklinasi matarahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai kulminasi utama," ungkapnya.


"Pada saat itu, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat 'menghilang' karena bertumpuk dengan benda itu sendiri," jelas Tony.

Apa sih yang menyebabkan hari tanpa bayangan? Ini terjadi karena bentuk lintasan bumi untuk mengelilingi matahari tidak bulat, melainkan berbentuk elips dengan posisi matahari berada di tengahnya.

"Selain itu, pada saat mengelilingi matahari, bumi berputar seperti gasing dengan gerak semu matahari 23,5 derajat utara dan selatan. Sehingga posisi matahari seolah-olah berada di utara atau kembali ke selatan," tutur Tony.

Fenomena kulminasi ini juga menandai masa transisi atau pancaroba loh. Dalam fase ini, ketika matahari bergulir ke belahan bumi selatan, maka di belahan bumi selatan akan terjadi kenaikan suhu permukaan laut dan ditandai dengan musim hujan.

Sebaliknya, saat matahari bergulir ke utara, belahan bumi bagian utara akan lebih hangat dan terjadi musim hujan. Sementara di bagian selatan bumi akan terjadi musim kemarau.


Foto ilustrasi Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler