Ini Bedanya Orang dengan Gangguan Jiwa dan Masalah Kejiwaan

Bandung - Istilah orang gila mungkin lebih banyak digunakan orang awam untuk menyebut seseorang yang mengalami gangguan jiwa. Tapi, istilah yang lebih tepat adalah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Selain ODGJ, ada juga masalah kejiwaan lainnya. Pengidapnya disebut orang dengan masalah kejiwaan (ODMK).

TemanBaik tahu enggak perbedaan ODGJ dan ODMK? Ini dua hal yang berbeda loh. Yuk, kita pelajari lebih lanjut!

Menurut Direktur Rumah Sakit Jiwa Jawa Barat Elly Marliyani, ODGJ cenderung memiliki pemikiran yang tidak realistik atau istilah lainnya autistik. Intinya, cara pikir ODGJ berbeda dengan orang awam pada umumnya. Bahkan, perilakunya bisa di luar kontrol.

"Misalnya menurut kita ini mic yang berfungsi untuk pengeras suara, tapi bisa jadi ini menurut mereka ini adalah benda berharga yang bisa mengantarkan dia pergi ke langit ketujuh," ujar Elly dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (10/10/2019).

Baca Ini Juga Yuk: 4 Tips Merawat Diri untuk Kesehatan Mental dari Psikolog

Jadi, jangan heran jika kamu melihat ODGJ cenderung memiliki perilaku yang aneh. Apa yang dilakukannya sesuai dengan apa yang dipikirkannya. Kadang, perilaku ODGJ jauh di luar nalar kita.

Sedangkan orang dengan masalah kejiwaan alias ODMK, pemikirannya sama seperti orang pada umumnya. Sehingga, secara perilaku, mereka bisa tetap hidup 'normal'. Yang membedakan adalah dari sisi kejiwaannya.

"ODMK itu berpikirnya realistik, tapi di situ dia mengalami gangguan mood atau perasaan, baik cemas, sedih, ketakutan, stres, macam-macam. Atau misalnya dia kesulitan tidur, itu termasuk ODMK," jelas Elly.

Penanganan secara medis perlu dilakukan bagi mereka yang digolongkan ODGJ. Bahkan, dalam tingkat yang parah, ODGJ harus dirawat di rumah sakit jiwa.

Sementara penanganan ODMK bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tapi, secara umum, ODMK relatif lebih mudah diatasi. Jika ODMK merasa permasalahan kejiwaannya sulit diatasi, berkonsultasi ke ahli kejiwaan sangat disarankan.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler