Ini Dia Nama-nama Peraih Penghargaan Nobel 2019

Denpasar - Nobel menjadi salah satu penghargaan yang sangat bergengsi dan menjadi pencapaian tersendiri bagi para intelek di dunia. Penghargaan Nobel diselenggarakan tiap tahunnya dengan dana yang diwariskan dari seorang penemu dan industrialis asal Swedia, Alfred Nobel.

Ada beberapa kategori dalam penghargaan Nobel, yaitu Nobel untuk kategori Fisiologi atau Kedokteran, Fisika, Kimia, Literatur, dan Perdamaian. Pada penghargaan Nobel 2019 yang berlangsung hingga Jumat (11/10/2019), pemenang penghargaan lima kategori Nobel telah diumumkan.

Penghargaan Nobel Kedokteran tahun 2019 diberikan kepada William Kaelin Jr, Sir Peter Ratcliffe, dan Gregg Semenza. Ketiga tokoh tersebut mengungkap tentang bagaimana sel manusia beradaptasi terhadap perubahan tingkat oksigen di dalam tubuh. Pengumuman pemenang untuk kategori ini dilakukan pada 7 Oktober 2019.

Penghargaan Nobel Fisika di tahun 2019 diraih oleh James Peebles, Michel Mayor, Didier Queloz. Pengumuman dilakukan pada 8 Oktober 2019. James Peeble memenangkan hadiah nobel karena penemuan teoritisnya akan kosmologi fisika.

Sedangkan separuh hadiah lainnya diberikan kepada Michel Mayor dan Didier Queloz karena penemuannya akan sebuah eksoplanet yang mengorbit pada sebuah bintang tipe surya.

Baca Ini Juga Yuk: Mantap! Wonderful Indonesia Raih Penghargaan ADEX 2019 di India

Penghargaan Nobel Kimia 2019 diberikan kepada John B. Goodenough, M. Stanley Whittingham dan Akira Yoshino. Nama-nama tersebut dipilih atas pengembangan baterai ion lithium yang dilakukan. Pengumuman pemenang kategori ini dilakukan pada 9 Oktober 2019.

Peraih Penghargaan Nobel Literatur untuk tahun 2018 diberikan kepada Olga Tokarczuk dan Nobel Literatur tahun 2019 diberikan kepada Peter Handke.

Olga Tokarczuk memenangkan penghargaan ini atas sebuah imajinasi naratif, bahwa dengan semangat ensiklopedis yang menggambarkan bahwa melampaui batas adalah sebuah bentuk kehidupan.

Sedangkan Peter Handke memenangkan penghargaan ini atas karyanya yang berpengaruh, bahwa dengan kecerdikan linguistik, pengalaman manusia dari luar maupun secara spesifik telah dapat dieksplorasi. Kedua pengumuman ini dilakukan pada 10 Oktober 2019.

Terakhir, Penghargaan Nobel Perdamaian 2019 diberikan kepada Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed. Ia dipandang sebagai pemimpin visioner dan reformis. Ahmed memenangkan hadiah Nobel Perdamaian karena jasanya atas upaya mengakhiri konflik panjang dengan tetangganya, Eritrea. Penghargaan diberikan pada 11 Oktober 2019.


Foto: dokumentasi Chemistry World

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler