Asah Kreativitas Anak, Alfamart Bikin Lomba Mewarnai

Bandung - Guna mendukung proses tumbuh kembang anak, Alfamart menggelar lomba mewarnai yang bekerjasama dengan Frisian Flag pada Rabu (09/10/2019) di Taman Lalu Lintas Bandung.

Lomba yang diikuti oleh 1070 peserta ini dibagi menjadi menjadi tiga kategori yakni kategori usia PAUD/TK, kategori siswa  kelas 1-3 SD, dan kategori siswa kelas 4-6. Selama dua jam, mereka dibiarkan untuk berkreasi sebebas mungkin pada bahan yang telah disiapkan. Sehingga bisa mengeksplorasi kemampuan berimajinasi yang dituangkan dalam gambar.

Branch Manager Alfamart Bandung, Danny Febrianto mengatakan lomba mewarnai ini digelar dengan tujuan untuk memberikan wadah dalam mengembangkan kreativitas anak sekaligus mengurangi ketergantungan anak pada gadget.

“Salah satu latar belakang penyelenggaraan ini adalah karena keprihatinan kami terhadap ketergantungan anak pada gadget, yang memang tidak bisa dihindari saat ini. Kami melihat bahwa anak-anak membutuhkan aktivitas-aktivitas di luar kelas belajar formal yang dapat mendorongnya untuk mengembangkan imajinasi namun tetap menyenangkan,” ujarnya.

Adanya kegiatan seperti ini juga dirasa memberikan banyak manfaat bagi para peserta, salah satunya memupuk rasa keberanian anak dalam membuat keputusan.

“Kalau kita perhatikan, dalam menyelesaikan karyanya, anak-anak bisa belajar banyak hal, dari mulai memilih warna, berani memutuskan pilihan warna, melatih fokus saat menyelesaikan karyanya, hingga bangga akan karya yang dibuatnya. Banyak sekali manfaat positifnya,”jelasnya.

Dijumpai di tempat yang sama, Ketua Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Kota Bandung Nanan Kartini menuturkan jika perlombaan seperti ini bisa menjadi sarana belajar non formal yang menyenangkan bagi siswa.

“Melalui lomba anak dan orang tua jadi punya pengalaman belajar di luar ruangan, karena belajar tidak harus di dalam ruangan, belajar berbagi dan dapat mengexplore luar ruangan,memperhatikan hal baru yang ada di sekelilingnya,” tuturnya.

Sementara itu,  Sari (29 th) salah satu orang tua peserta mengungkapkan jika anaknya cukup antusias mengikuti lomba mewarnai ini. 

“Selain menyalurkan hobi, lomba seperti ini sangat baik untuk memacu anak agar berprestasi. Tidak harus menang, yang penting anak jadi punya pengalaman ikut perlombaan,” pungkasnya. 

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler