Bioskop dan Lukisan dalam Kehidupan Bung Karno

Bandung - Membicarakan sosok Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Sukarno tentu tak pernah ada habisnya kan TemanBaik? Selalu ada sisi menarik yang bisa diulas. Kali ini, BeritaBaik.id akan mengulas sisi lain dalam kehidupan pria yang akrab disapa Bung Karno itu. 

Bung Karno cukup lama tinggal di Bandung, tepatnya sejak 1920-an hingga 1934. Di Bandung, Bung Karno cukup banyak menghabiskan waktu bersama Inggit Garnasih yang dinikahinya pada 24 Maret 1923. Selayaknya suami-istri, kehidupan mereka juga diwarnai berbagai kebersamaan.

Dari berbagai cerita dan informasi, ternyata diketahui salah satu kegemaran Bung Karno adalah menonton film di bioskop. Tidak diketahui pasti film apa yang jadi kegemaran Bung Karno. Tapi, ada sejumlah bioskop di Bandung yang jadi tempat favorit Sang Proklamator.

"Dari zaman kuliah di Bandung Bung Karno suka nonton di bioskop," ujar Koordinator Sakola Rajat Iboe Inggit Garnasih Gatot Gunawan.

Kegemaran itu pun berlanjut setelah Bung Karno menikah dengan Inggit. Beberapa bioskop pernah dikunjungi mereka bersama-sama. Tak diketahui pasti berapa bioskop yang pernah disinggahi Bung Karno maupun Inggit di Bandung. Tapi, beberapa di antaranya adalah Palaguna, Luxor, Oriental, Dian, dan Varia.


Sayangnya, bioskop-bioskop bersejarah itu mayoritas sudah hilang dan berubah fungsi. Palaguna misalnya, kini sudah menjadi lahan kosong setelah seluruh bangunan di sana dibongkar. "Satu-satunya bekas bangunan bioskop yang tersisa hanya Dian," ungkap Gatot.

Tapi, Dian juga sudah tak berfungsi selayaknya bioskop. Gedung yang berlokasi tepat di samping Pendopo Kota Bandung ini tinggal tersisa bangunannya saja. Tempat ini sempat jadi arena futsal. Tapi, kini bangunan ini lebih banyak terlihat tertutup.

Selain bioskop, sisi lain Bung Karno adalah seorang pelukis. Salah satu kegemarannya adalah melukis pemandangan alam. Pemandangan alam sendiri merupakan wisata yang digemari Bung Karno. Bung Karno dan Inggit bahkan sering bertualang mengunjungi berbagai tempat indah di Jawa Barat bersama Inggit.

Salah satu tempat wisata yang diabadikan Bung Karno melalui lukisan adalah Curug Malela di Kabupaten Bandung Barat. Diperkirakan lukisan itu dibuat pada 1926 saat Bung Karno berkunjung ke lokasi.

"Lukisan ini disimpan di Museum Dullah di Jakarta," ungkap Gatot.

Pada lukisan ini terdapat keterangan nama Soekarno di bagian kanan bawah. Tapi, di atas nama Sukarno tertulis Curug Cikaso dalam ejaan lama. Tidak diketahui pasti kenapa Bung Karno menuliskan tempat itu dengan nama 'Tjurug Tjikaso'. Tapi, lokasi yang dilukis itu sesuai penampakkannya adalah Curug Malela.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler