Mata Tertutup Saat Melahirkan Bikin Buta, Mitos atau Fakta?

Bandung - TemanBaik, banyak orang yang berkeyakinan bahwa saat proses melahirkan, terutama saat mengejan, mata harus terbuka. Sebab, jika mata tertutup saat mengejan akan berujung pada gangguan penglihatan, bahkan membuat pembuluh darah menjadi pecah.

Tapi, benar enggak sih anggapan ini? Yuk, simak ulasannya dari Direktur Utama RS Mata Cicendo Bandung dr. Irayanti, Sp.M(K)., MARS. "Yang lagi hamil (dalam proses melahirkan) enggak boleh nutup mata? Itu mitos menurut saya," ujar Irayanti di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (15/10/2019).

Saat proses bersalin, seorang ibu hamil punya cara berbeda dalam menahan sakit. Ada yang matanya terbuka, tertutup, berteriak, bahkan ada yang sampai tangannya meremas benda di sekitarnya dengan kencang.

Semua dahsyatnya rasa sakit itu dijalani seorang ibu demi melahirkan bayi mungil yang menggemaskan. Saat si kecil lahir, kebahagiaan luar biasa pun bakal dirasakan sang ibu.

Baca Ini Juga Yuk: Lensa Kontak untuk Gaya, Aman Enggak Sih? Ini Penjelasannya

Meski menutup atau membuka mata saat proses mengejan ternyata tak ada bedanya, ibu hamil harus tetap waspada ya. Di sini nih kamu perlu pengetahuan yang cukup. Saat hamil dan jelang proses melahirkan, periksakan mata kamu ke dokter mata ya. Kenapa?

Itu karena ibu hamil yang memiliki minus di tinggi pada matanya berisiko mengalami ablasio retina jika melahirkan dengan proses bersalin normal. Gejalanya mulai dari pandangan yang kabur atau buram hingga kehilangan sebagian penglihatan.

Hasil pemeriksaan mata akan menentukan langkah apa yang harus dilakukan dokter atau bidan dalam proses persalinan kelak. Ikuti saran dan hasil pemeriksaan dokter ya demi kesehatan dan keselamatan. Usahakan jangan ngotot melahirkan normal jika dokter merekomendasikan melahirkan dengan tindakan lain.

"Makanya penting sebelum melahirkan memeriksakan dulu mata," ucap Irayanti.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler