Mengenal 2 Jenis Bisnis Phydigital yang Bakal Makin Hit di 2020

Bandung - Setelah fenomena decacorn, bisnis digital apa lagi ya yang sekarang lagi jadi tren? Jangan salah langkah, kalau TemanBaik ingin sukses, yuk pilih usaha jastip alias jasa titip barang dan groceries online yang saat tengah digemari.

Chief Digital E-commerce Fintech (DEF) Sharing Vision, Nur Islami Javad (Jeff) menceritakan, sepanjang tahun 2019, belanja melalui groceries online dan jastip melonjak hingga tiga kali lipat loh.

Bahkan di tahun 2020, kedua bisnis kekinian itu juga diramalkan bakal semakin melejit dan mengubah cara hidup masyarakat di era revolusi industri 4.0. Sebagai panduan, intip nih TemanBaik, apa saja karakter groceries online yang dinilai paling menguntungkan. Simak!

1. Ciptakan Supermarket Online
Di era phydigital atau physical digital seperti sekarang, apapun yang kamu butuhkan bisa diakses secara online dan bisa langsung diantarkan sampai di depan rumah. Jadi kalau kamu mau meraup banyak profit, yuk bangun groceries online yang disukai ibu-ibu dan milenial. Caranya TemanBaik bikin platform yang berisi aneka kebutuhan sehari-hari alias fast moving yang transaksinya tinggi dan berulang-ulang.

Sebut saja pemenuhan sembako, sayuran, daging dan ikan. Menurut Jeff, tren belanja online seperti ini menjadi primadona buat masyarakat yang tak sempat belanja ke luar rumah atau pengin bergaya hidup serba praktis.

2. Groceries Siap Masak
Tren yang satu ini juga lagi tren loh di kota besar. Enggak cuma menyediakan bahan baku, startup ini juga siap memberikan solusi memasak cepat dengan sistem paket sesuai jenis masakannya.

Baca Ini Juga Yuk: Pasar di Banyuwangi Bakal Terapkan Pembayaran Non Tunai

Groceries jenis ini juga digandrungi pelanggannya karena sanggup memangkas waktu aktivitas memasak menjadi lebih singkat loh, karena pelanggan tak harus mengiris atau menolah bumbu. Dengan sistem pre-order, setiap pelanggan bisa memesan jenis masakannya dengan paket yang sudah komplit bahkan sudah disiapkan racikannya dan langsung tinggal dimasak.

Nah soal pengiriman, di era 4.0, bisnis phydigital juga sangat terbantu dengan adanya sarana transportasi online. Selain jasa pengantaran orang, raksasa seperti Gojek dan Grab juga siap menopang gaya hidup digital.

3. Jastip Barang Oleh-oleh atau Khas Daerah
Suatu hari kalau kamu kangen dengan pai susu khas Bali atau pia Yogyakarta, enggak perlu repot datang ke sana. Semua bisa dapat solusinya lewat layanan jastip yang sekarang makin tren.

Nah kalau TemanBaik mau memanfaatkan hal ini, yuk mulai mengolah marketing digitalnya secara optimal. Selain menawarkan harga jastip yang bersaing, peluang ini juga cukup lebar karena setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya yang bisa dipasarkan lewat platform digital.

4. Jastip Barang Impor dan Diskon
Belakangan, layanan jastip barang fesyen dan kosmetik impor makin menanjak loh. Fakta ini semakin hit seiring dengan tingginya gaya hidup pelesir di kalangan milenial.

Tak cuma menghabiskan waktu dan uang kamu saat di luar negeri, momen ini juga jadi peluang baik loh buat berburu barang-barang hit yang sesuai dengan pesanan jastip. Keuntungan dari jastip impor dan barang diskon ini juga enggak main-main.

Menurut survei Sharing Vision, saat ini bisnis layanan jastip sudah ditekuni secara serius seperti layaknya startup bisnis lain. Bahkan penyedia rata-rata punya tim atau asisten hingga 1-2 orang. Tren ini juga semakin menghasilkan keuntungan saat promosinya booming di media sosial atau disebar melalui pesan instan.


Foto: Dini Yustiani/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler