Bantu Penglihatan Orang dengan Donorkan Mata Setelah Meninggal

Bandung - TemanBaik tentu tahu jika setiap manusia dan makhluk hidup lainnya akan meninggal kan? Tapi, tahu enggak jika kamu tetap bisa memberi manfaat bagi orang lain setelah meninggal nanti? Jawabannya, bisa banget!

Kamu bisa menjadi donor mata loh. Dengan menjadi donor mata, kamu akan membantu orang yang mengalami kebutaan atau rusak penglihatan agar kembali bisa melihat.

Jangan membayangkan seluruh mata kamu dicabut kemudian ditransplantasikan ke orang lain ya! Yang dicabut pada bagian mata hanya korneanya saja kok. Itu pun dilakukan setelah kamu meninggal.

Di Jawa Barat, jika ingin menjadi donor mata, kamu tinggal mendaftar ke Bank Mata Rumah Sakit Mata Cicendo di Kota Bandung. Jangan lupa, informasikan kepada keluarga jika kamu menjadi donor mata.

Kenapa sih pihak keluarga harus tahu? Sebab, setelah meninggal, tentu komunikasi dengan pihak rumah sakit harus dilakukan pihak keluarga. Sehingga, proses pengambilan kornea mata untuk ditransplantasikan kepada penerima donor bisa dilakukan.

Proses pengambilan kornea mata pendonor sendiri maksimal dilakukan 6 jam setelah yang bersangkutan dinyatakan meninggal secara medis. Prosesnya juga singkat. Sehingga, jenazah pendonor bisa tetap disegerakan dimakamkan.

Baca Ini Juga Yuk: Tips Mata Sehat dan Cara Minimalisir Gangguan Penglihatan

"Donor mata ini berbeda dengan donor ginjal, hati, atau organ tubuh lainnya yang bisa dilakukan saat pendonornya masih hidup. Kalau donor mata hanya bisa dilakukan setelah orangnya meninggal," kata Direktur Utama RS Mata Cicendo dr. Irayanti, Sp.M(K)., MARS.

Saat ini, jumlah pendonor mata yang terdaftar ada sekitar 1.500 orang. Sedangkan calon penerima donor mata sekitar 400 orang. Tapi, 400 orang itu tentu harus bersabar untuk bisa melihat. Sebab, mereka harus menunggu pendonor meninggal.

Irayanti pun berharap semakin banyak orang yang mendaftar sebagai donor mata. Harapan besarnya, mereka yang mengalami kebutaan atau gangguan penglihatan lainnya bisa memiliki penglihatan.

"Sekarang ini kita butuh banyak donor mata karena banyak yang waiting list (masuk daftar tunggu sebagai penerima donor). Ini yang kita harapkan, masyarakat mau mendonorkan matanya," ucap Irayanti.

Bagaimana jika seseorang memiliki gangguan penglihatan seperti minus atau plus? Tetap bisa kok menjadi pendonor, yang penting, mata kamu masih berfungsi.

TemanBaik tertarik menjadi donor mata? Pikirkan baik-baik deh. Bagus kan jika kamu bisa memberi manfaat bagi orang lain setelah meninggal. Apalagi, dari kacamata berbagai agama, donor mata ini dibolehkan kok.

Segera daftar deh ke bank mata di daerahmu. Sebab, kamu enggak akan pernah tahu kapan meninggal. Sehingga, kesempatan berbuat baik masih bisa dilakukan dari sekarang.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler