Pakai Kacamata Bikin Minus Bertambah, Mitos atau Fakta?

Bandung - TemanBaik ada yang bermata minus dan berkacamata? Pasti penggunaan kacamata ini cukup membantu penglihatanmu kan? Tapi, ada pandangan di masyarakat bahwa memakai kacamata justru akan membuat minus pada mata bertambah. Benar enggak sih pandangan ini?

Direktur Utama RS Mata Cicendo dr. Irayanti, Sp.M(K)., MARS., mengatakan kacamata memiliki fungsi untuk membantu penglihatan yang terganggu. Ia pun menegaskan kacamata bukan untuk menyembuhkan mata minus.

"Kacamata memang bukan untuk mengurangi minus," ujar Irayanti.

Tapi, justru ada anggapan pemakai kacamata minusnya akan bertambah jika rajin memakai kacamata. Bahkan, ada yang merasakan secara langsung pemakaian kacamata justru membuat minus bertambah.

Karena hal itu, pandangan memakai kacamata akan membuat minus bertambah berkembang di masyarakat. Tapi, apakah ini mitos atau fakta? "Kalau pakai kacamata tapi minusnya bertambah, itu mitos saja," ungkap Irayanti.

Menurutnya, bertambahnya minus pada seseorang tergantung pada berbagai faktor. Minus bisa bertambah salah satunya karena gaya hidup. Contohnya sering melihat layar gawai atau komputer, apalagi dalam jarak dekat.

Penggunaan kacamata justru disarankan jika penglihatan seseorang sudah terganggu. Tapi, agar kacamata yang digunakan sesuai kebutuhan, sebaiknya konsultasikan ke dokter mata atau ahlinya ya!

Foto: Oris Riswan/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler