Satelite Events UWRF 2019 Siap Digelar di 5 Kota

Ubud - Acara Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) 2019 akan dilangsungkan pada 23-27 Oktober 2019 di Ubud. Festival yang sudah memasuki tahunnya yang ke-16 ini rupanya mempersembahkan sederetan program menarik yang bisa dinikmati oleh pecinta literasi di berbagai kota lain di Indonesia melalui Satellite Events.

Acara ini digelar dengan tujuan agar para pencinta sastra, seni, budaya, hingga masyarakat yang peduli dengan isu-isu global tetap dapat mendapatkan wawasan baru sebagaimana mereka yang dapat menikmati perhelatan UWRF di Ubud.

Sama halnya seperti tahun lalu, Satellite Events UWRF 2019 bakal diselenggarakan di lima kota berbeda. Tahun 2019 program ini akan digelar di Banten, Jakarta, Semarang, Banjarmasin, dan Berau.

Dengan menggaet Kedutaan Besar Amerika Serikat, Kedutaan Besar Australia di Jakarta, dan Pemerintah Kota Semarang. Rangkaian acaranya sendiri akan dimulai pada tanggal 28 Oktober hingga 2 November mendatang.

Tidak kalah dengan gelarannya di Ubud, Satelite Events UWRF 2019 juga bakal menghadirkan beberapa penulis kenamaan, sebut saja Terence Ward, yang akan mengisi sesi di Jakarta (29/10) dan Banten (30/10).

Baca Ini Juga Yuk: UWRF 2019 Hadir dengan Filosofi Hindu & Libatkan 180 Pembicara

Lalu di Kalimantan, (29/10), Satelite Events UWRF 2019 bakal menggelar sesi New Home, New Hope dengan menghadirkan dua pembicara yang terlibat dalam UWRF 2019, yaitu Jenny Zhang dan Cynthia Dewi Oka.

Sementara di Semarang akan digelar sebanyak 6 sesi Satellite Events UWRF 2019 di berbagi lokasi ikonik Semarang, yang kemudian dinamakan Semarang Writers’ Week 2019. Di kota ini akan hadir penulis-penulis seperti Mirandi Riwoe, Carly Findlay, Valiant Budi, serta Handry TM. Masing-masing dari pembicara tersebut akan berbagi kisahnya dalam menulis karya- karya mereka.

"Kini saatnya UWRF berbagi ilmu yang selama ini kami dapat dalam 16 tahun penyelenggaraan Festival. Tentu saja, melalui program ini kami juga ingin mendengarkan saran dan masukan dari berbagai komunitas sastra di luar Bali. Sungguh sangat indah apabila nantinya, semakin banyak tersebar festival-festival sastra di berbagai pelosok nusantara," ujar General Manager UWRF Kadek Purnami.

Gustra Adnyana, Community Program Coordinator UWRF menjelaskan, dengan hadir di berbagai kota di Indonesia, Satellite Events UWRF diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pencinta sastra di seluruh pelosok negeri.

"Selain memberikan kesempatan bagi kami untuk bertemu dan membuka dialog bersama komunitas dan sastrawan di luar pulau Bali. Kegiatan ini juga menjadi satu kesempatan emas bagi para penulis Internasional yang kami datangkan untuk menyelami lebih dalam lagi tentang sastra dan budaya di Indonesia," ujar Gustra.


Foto: Dok. UWRF


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler