Bandung Terpilih Jadi Kota Destinasi Bisnis Unggulan 2020

Untuk menggenjot kunjungan wisatawan di saat hari kerja atau weekday, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menunjuk Bandung sebagai Kota Destinasi MICE unggulan 2020. 

TemanBaik pernah dengar kata MICE? Istilah Meeting Insentive Conferences and Exhibitions ini sering digunakan di dunia perhotelan untuk membidik tamu yang menginap untuk tujuan bisnis. 

Kepala Disparbud Kota Bandung, Dewi Kaniasari mengatakan, program Bandung sebagai Kota Destinasi MICE 2020 siap didukung sederet hotel di Bandung mulai dari kelas melati hingga bintang 5. 

Selain kesiapan hotel, pihaknya juga sudah meluncurkan Calender of Event 2020 yang berisi 72 event besar di Bandung yang berskala nasional hingga internasional.

"Makanya kita meluncurkan Calender of Event 2020 dari awal. Tujuannya msmang untuk mendukung program Bandung sebagai Kota Destinasi MICE 2020. Jadi selain bisnis, para tamu juga bisa melanjutkan travelingnya untuk leisure," ujar Kenny kepada BeritaBaik, belum lama ini di Bandung

Ia menceritakan nih, para tamu bisnis bisa memilih Bandung sebagai pusat penyelenggaraan event dan bisnisnya dengan beberapa alasan penting. Selain didukung oleh hotel berbintang dengan fasilitas mumpuni, Disparbud juga punya misi nih untuk mengenalkan berbagai atraksi dan seni budaya khas yang saat ini tengah menggeliat.

"Kita sudah memetakan berbagai program untuk menarik minat pasar NICE baik dari level nasional maupun internasional. Ini juga jadi peluang baru untuk meningkatkan kunjungan di luar tamu leisure, khususnya di luar weekend atau hari kerja mulai dari Senin hingga kamis," katanya.

General Manager The Trans Luxury Hotel Bandung, Farid Patria menambahkan, dalam perjalanan di tahun ke tujuh, hotel bintang 5 ini telah banyak mendukung kegiatan MICE baik dalam skala nasional maupun regional dan internasional. 

Berbagai kegiatan MICE berskala internasional/regional pernah diadakan di The Trans Luxury Hotel, seperti INTERDYE ASIA 2017, World Stamp Exhibition 2017, Asean Federation of Cement Manufactures (AFCM) 2018, INTOSAI-WGEA 2018 hingga Cicendo International Ophthalmology Meeting 2019 dan masih banyak lagi. 

"Untuk pasar MICE lokal, kita mulai memperluas pasar ke wilayah timur Jawa Barat. Kita juga optimistis, setelah aksesibilitas Tol Cisumdawu selesai atau opsi rute Bali Sumatera dikembalikan ke Husein, pasar MICE di skala nasional, regional hingga internasional akan semakin menggeliat," jelasnya.

Farid juga menegaskan nih TemanBaik, kalau program sebagai Kota Destinasi MICE 2020 juga sangat pas loh. Selain menjadi kota pusat pemerintahan Jawa Barat, beberapa industri besar hingga BUMN juga sejak lama tercatat ada di Bandung.

"Peluang MICE ini akan tetap menggairahkan karena Bandung punya nilai sejarah. Di kota inilah lahir beberapa industri besar seperti PTDI, Pindad hingga perusahaan farmaceutical," katanya.

Ia juga menuturkan nih, aksesibilitas dari Jakarta menuju Bandung juga terhitung mudah. Terlebih saat ini akses lewat Tol Cipularang sudah kembali jarak tempuh normal loh, yakni 2,5 jam perjalanan. 


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler