Program Mirip Arisan Ini Bikin Asri Lingkungan di Purwakarta

Purwakarta - Pemerintah Kabupaten Purwakarta ternyata punya cara keren loh TemanBaik untuk membuat lingkungannya bersih dan asri. Di sini ada program 'Jumaah Bebersih' alias Jumat Bersih. Uniknya, program ini berjalan mirip arisan. Seperti apa ya?

Melalui program ini, seluruh pegawai Operasional Perangkat Daerah (OPD) atau instansi pemerintah, kecamatan, hingga kelurahan dan desa, wajib melakukan aksi bersih-bersih di setiap wilayah kecamatan. Mereka membaur bersama warga melakukan gotong royong untuk bersih-bersih lingkungan.

"Jadi, dalam kebijakan ini menginstruksikan seluruh pegawai turun ke lapangan untuk bebersih lingkungan di setiap hari jumat," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam rilis yang diterima BeritaBaik.id.

Kenapa disebut mirip arisan? Itu karena wilayah yang dibersihkan sudah terjadwal. Sehingga, para pegawai pemerintah sudah tahu jumat kapan ia harus turun ke lapangan melakukan aksi bersih-bersih lingkungan bersama warga.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Upaya Pemerintah Kabupaten Purwakarta Hadapi Kekeringan

"Misalnya Jumat pekan ini di wilayah kecamatan kota, nah seluruh pegawai harus datang ke sana. Nanti, pekan depannya, di wilayah mana lagi. Terus berkeliling seperti itu," tutur Anne.

Tradisi bersih-bersih seperti itu bukan hal baru di Purwakarta. Sudah lebih dari 10 tahun program 'Jumaah Bebersih' ini dijalankan. Hasilnya, kebersihan dan keasrian kawasan Purwakarta selama ini cukup terkenal.

Karena program yang sudah berjalan itu dinilai positif, sebagai Bupati Purwakarta, Anne meneruskannya. "Purwakarta dari dulu termasyur akan kebersihannya. Nah ini harus terus dipertahankan," jelasnya.


Foto: Aksi Jumaah Bebersih di Kabupaten Purwakarta (dokumentasi Diskominfo Kabupaten Purwakarta)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler