Kenali Dirimu Lewat Petualangan di Pameran Interaktif: Ourchetype

TemanBaik wajib datang ke ekshibisi unik yang digelar di Bandung ini. Bukan hanya sekadar pameran loh, namun para pengunjungnya dibawa untuk bertualang dan berinteraksi lewat karya di dalamnya untuk menyelami keunikan karakter dirimu.

Tujusemesta Creative Space bersama Motion Beast mengajak Anda berkenalan dengan desain yang hangat, yang menyapa dan berkomunikasi dua arah melalui ekshibisi yang dinamakan Ourchetype: Interactive Exhibition.

Pameran ini dibuka selama 3 hari saja, yakni 25-27 Oktober 2019, dari 13.00-21.00 WIB di Block 71 Bandung, Innovation Factory, Jalan Ir H Juanda No.108 Bandung

Pameran Interaktif ini mencoba mengkolaborasikan Desain, Teknologi dan Psikologi dalam satu wahana. Tema eksebisi terinspirasi dari teori Carl Jung tentang archetype. Archetype merupakan pola, kebiasaan, simbol atau bentuk yang ada pada bawah sadar manusia.Diturunkan dari generasi ke generasi yang tersimpan pada ruang diri bernama
ketidaksadaran kolektif.

Archetype berfungsi merespons lingkungan melalui sikap dan tindakan sesuai kebiasaan individunya. Konsep Archetype merupakan konsep yang mempercayai bahwa selama manusia hidup, ia akan terus berkembang.

Melalui konsultasi bersama Bapak Buntje Harbunangin, TemanBaik akan diajak untuk berkenalan kembali dengan diri Anda dengan cara yang unik. Berpetualang menggunakan handphone-mu dalam ruang-ruang diri, berinteraksi dengan karya, dan mendapatkan hal yang baru sepulangnya dari eksebisi. Tak hanya itu, kamu juga bisa memetakan karakter- karakter unik dari pengunjung yang telah mengunjungi eksebisi ini.

TemanBaik akan diajak berkeliling kedalam 3 ruangan yaitu: persona, the shadow dan the self. Ruang Persona merupakan ruang di mana kamu akan dikenalkan dengan salah satu archetype yang selalu menyesuaikan dan menjaga relasi kita dengan lingkungan sekitar kita. Seperti ketika bertemu orangtua di rumah setelah lelah merantau, ketika bercengkrama dengan sahabat- sahabat lama, bahkan ketika bertemu dengan orang yang baru ditemui.

Sama halnya seperti seorang aktor yang memainkan peran menyesuaikan dengan alur ceritanya. Persona merupakan sebentuk "wajah" kompromi dan adaptasi diri kita dengan kehidupan sosial. Lalu ruang selanjutnya adalah the shadow. The Shadow adalah sifat-sifat yang ada pada dirimu yang dalam keseharian selalu kita tekan ke dalam bawah sadar kita dan secara tidak sadar kita menolak keberadaannya di kesadaran kita. Kita mencegahnya untuk menyentuh titik kesadaran pada saat-saat tertentu.

Ruang terakhir adalah the self. The Self berorientasi pada penyatuan alam sadar dan tidak sadar. Ia adalah bagian diri yang berproses untuk menjadi satu kesatuan penuh dari sebuah pribadi. Berbeda dengan persona dan the shadow, the self tidak bisa kita identifikasikan, namun bisa kita pahami. Proses menggali, mencari, dan menciptakan the self bersifat spontan, tidak bisa kita prediksi dan diniatkan.

Tujusemesta Creative Space adalah sebuah studio desain komunikasi visual dan interior di Bandung, sementara Motion Beast adalah motion graphic dan Visual Effect Studio.

Pameran Ourchetype: Interactive Exhibition ini sendiri merupakan bagian dari perayaan 1 tahun BLOCK71 Bandung berkarya di lansekap digital startup sebagai ecosystem builder dan global connector. BLOCK71 Bandung sendiri memperingati hari jadinya yang pertama pada hari Jumat 25 Oktober 2019.

Tercipta atas inisiatif antara National University of Singapore Enterprise dan Innovation Factory, BLOCK71 Bandung didirikan sebagai one-stop-hub yang mendukung startup-startup digital dalam perjalanan kewirausahaannya, menghubungkan dengan para stakeholder terkait, serta menyediakan fasilitas yang dapat mendukung terwujudkannya visi dan tujuan startup-startup tersebut. Menjadi melting pot bagi para pemain startup dan komunitas-komunitas teknologi di Bandung, BLOCK71 Bandung adalah tempat bagi para founder startup dan tech enthusiasts untuk berbagi gagasan, berkolaborasi, dan mewujudkan gagasan mereka.

Para startup ini juga berkesempatan untuk memperluas jangkauan mereka ke pasar global melalui network BLOCK71 yang berada di Singapura, Suzhou, dan San Francisco.
Jangan lewatkan Ourchetype Interactive Exhibition.







Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler