800 Mahasiswa Unpad Ikut KKN Citarum Harum di 40 Desa

Bandung - Sebanyak 800 mahasiswa mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Citarum di 40 desa yang tersebar di 9 kecamatan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai Senin (28/10/2019) hingga Sabtu (9/11/2019) mendatang.

Pelepasan peserta secara simbolik dilakukan melalui pemasangan jas almamater Unpad kepada perwakilan mahasiswa oleh Rektor Unpad, didampingi para Wakil Rektor Unpad, Ketua Harian Komandan Satgas Citarum Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamrin, dan sejumlah Camat lokasi pelaksanaan KKN Tematik Citarum Harum yang hadir.

Pelaksanaan KKN Tematik Citarum bagi Unpad merupakan implementasi Pola Ilmiah Pokok Unpad 'Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional'. Para mahasiswa diharapkan tidak hanya memberikan solusi permasalahan DAS Citarum saat ini, tetapi juga dapat menjadi duta lingkungan dari Unpad di masa mendatang.

"Maka diharapkan para mahasiswa tidak hanya bisa belajar mencari solusi masalah lingkungan melalui sungai Citarum, tetapi juga mereka bisa menjadi duta lingkungan dari Unpad di masa mendatang bagi Jawa Barat khususnya di sepanjang DAS Citarum yang kita ketahui saat ini menjadi program nasional untuk dibersihkan dan dijaga lingkungannya, dan masyarakat sekitarnya diberdayakan, sehingga mereka bisa tetap hidup sejahtera," Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE di laman unpad.ac.id.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A. mengatakan bahwa kegiatan KKN Tematik Citarum Harum terselenggara atas kerja sama Unpad dengan Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan beserta dengan Satuan Tugas Citarum Harum.

"Kegiatan Tematik Citarum Harum diselenggarakan berdasarkan konteks wilayah dan isu di lapangan serta upaya pemecahan masalah terkait DAS Citarum," ujar Dr. Arry.

Dalam pelaksanaannya, para mahasiswa dan dosen pembimbing akan bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat untuk mengintegrasikan ide dan gagasan, untuk membangun solusi implementatif dari permasalahan DAS Citarum. Ide tersebut akan diwujudkan dalam program kerja pada desa yang menjadi lokasi kegiatan KKN Tematik Citarum Harum.

"Delapan ratus orang mahasiswa peserta ini akan disebar di 40 desa dengan dibimbing oleh 40 dosen pembimbing lapangan. Mereka akan melakukan suatu rekayasa sosial dengan kegiatan pendekatan warga aktif, baik dengan konsep design thinking, pemetaan dan perencanaan sosial, dan terutama active citizens sehingga didapat solusi permasalahan DAS Citarum," jelas Dr. Arry.

Beberapa permasalahan yang diharapkan dapat diselesaikan melalui kegiatan ini di antaranya mengendalikan laju erosi dan lahan kritis, mengendalikan limbah sampah dan agrokompleks, konservasi air, pengendalian run-off serta sanitasi dan mitigasi bencana. Kegiatan akan dilakukan dengan turut menciptakan keaktifan masyarakat.

Dr. Arry juga mengakatakan pelepasan KKN Tematik Citarum Harum tahun ini bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Hal tersebut dilakukan agar KKN Tematik Citarum Harum ini dijiwai dan disemangati oleh Hari Sumpah Pemuda.


Foto: unpad.ac.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler