Sebentar Lagi Pekalongan Bakal Punya 2 Sentra Kuliner

Pekalongan - Untuk mewujudkan kota yang rapi, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) setempat siap membangun dua sentra kuliner. Wah seperti apa ya?

Sentra kuliner ini dibuat untuk menampung para Pedagang Kaki Lima alias PKL yang berada di Kawasan Budaya Jetayu yang kian menjamur. Sentra ini hadir sebagai upaya penataan kota dan menampung para PKL tersebut yang berasa di Jalan Rajawali Utara (Samping Batik TV) dan Jalan Cenderawasih Pekalongan Utara.

Melansir laman resmi Pekalongan di pekalongankota.go.id, Plt DPUPR Kota Pekalongan melalui Kepala Seksi Pertamanan Pemakaman, Romi Yulianto ST mengungkapkan bahwa dua sentra kuliner itu tengah dalam tahap pengerjaan dengan mengalokasi dana sekitar Rp1,7 Miliar lebih.

Penataan kawasan kuliner ini juga akan menggandeng sejumlah pedagang baik tradisional maupun kekinian. "Untuk di Jalan Rajawali Utara kami anggarkan Rp821 juta untuk memindahkan para pedagang yang tadinya di Lapangan Jetayu, sekaligus untuk sebagai ruang publik agar terlihat lebih bersih dan tertata rapi. Sedangkan di Jalan Cenderawasih kami sudah siapkan alokasi dana sebesar Rp900 jutaan," tutur Romi.

Baca Ini Juga Yuk: Sekarang Pekalongan Punya Pusat Kesejahteraan Sosial Loh!

Menurut Romi, dua sentra kuliner tersebut yang pertama di Jalan Rajawali Utara, rencananya dibangun 20 shelter untuk pedagang. Shelter tersebut dilengkapi 2 gapura akrilik menyala, kamar mandi, tempat mencuci peralatan pedagang. Sementara itu, di Jalan Cendrawasih akan ditempatkan kontainer.

"Nantinya ada 18 kontainer untuk pedagang di Jalan Cendrawasih, lengkap berserta fasilitas seperti kamar mandi, kursi meja lipat, ornamen lampu lampion pergola dan payung serta disediakan konsep live music. Pada hari weekend, malam harinya kawasan Jalan Cenderawasih akan ditutup total. Terkait tempat parkir, pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di Jalan Merak atau di sebelah Kantor Pos," ucap Romi.

Romi juga mengimbau agar masyarakat menjaga fasilitas yang sudah disediakan setelah pembangunan selesai. Targetnya, pembangunan sentra kuliner ini selesai pada Bulan Desember 2019 mendatang.

"Kami selaku DPUPR hanya ditugaskan untuk penataan kawasannya saja, untuk penataan pedagang yang ada di sentra kuliner tersebut yang mengelola Dindagkop UKM Kota Pekalongan. Pembangunan ditargetkan selesai Desember mendatang, kami harap pedagang dan masyarakat menjadi fasilitas yang ada setelah dua sentra kuliner ditempati nanti," pungkas Romi.


Foto: pekalongankota.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler