Wujudkan Kota Sehat, Pekalongan Siap Hadirkan 27 Kampung Ceria

Pekalongan - Untuk mewujudkan Kota Pekalongan Sehat Tanpa Narkoba, Pemerintah Kota Pekalongan bekerja sama dengan Intuisi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Rumah Pintar Al Ma'Laa Kota Pekalongan meluncurkan Kampung Cerdas Anti Narkoba atau disebut Kampus Ceria.

Dilansir dari laman pekalongankota.go.id, Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE menyampaikan apresiasi kepada semua pihak khususnya IPWL Rumah Pintar Al-Ma'Laa yang telah mengagendakan kegiatan perdana ini.

"Dengan adanya IPWL Rumah Pintar Al-Ma'Laa ini sebagai upaya membantu Pemerintah Kota Pekalongan dalam hal memberikan pemahaman dan penanganan bahaya narkoba bagi masyarakat Kota Pekalongan. Ketika terdapat korban penyalahgunaan narkoba, mereka dapat membantu rehabilitasi sehingga kasus narkoba di Kota Pekalongan dapat ditekan jumlahnya," ungkap Saelany.

Menurut Saelany, upaya pencegahan dan menghentikan peredaran narkoba harus melibatkan semua lapisan masyarakat dalam berperang melawan narkoba. Pasalnya, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba akan membawa dampak yang sangat buruk bagi generasi muda bangsa.

Baca Ini Juga Yuk: Sebentar Lagi Pekalongan Bakal Punya 2 Sentra Kuliner
 
"Kegiatan roadshow ini kami berharap bisa berkelanjutan di seluruh kelurahan yang ada di Kota Pekalongan. Karena hal ini dipandang sangat penting dalam memberikan pemahaman bahaya narkoba. Tentu dengan melibatkan seluruh unsur Pemerintah Kota Pekalongan dan lapisan masyarakat untuk bersatu sehingga dapat memperkecil ruang gerak peredaran narkoba di Kota Pekalongan," terang Saelany.

Di lain pihak, Manager Program IPWL Rumah Pintar Al Ma'Laa selaku ketua penyelenggara, Junaidi menjelaskan kegiatan Kampung Ceria ini merupakan gerakan sosial yang saling bersinergi antara Pemkot Pekalongan, Forkopimda dan segenap lapisan masyarakat untuk melawan penyalahgunaan narkoba di Kota Pekalongan.
 
"Tadi sudah dikukuhkan Tim Response Anti NAPZA Kelurahan Sokoduwet di mana mereka nantinya akan membantu menyelesaikan permasalahan narkoba di tingkat kelurahan dengan cepat. Tim tersebut akan melakukan pendampingan dalam hal pencegahan, pemulihan maupun penanganan korban penyalahgunaan narkoba agar korban tersebut tetap bisa produktif dan bersosialisasi dengan masyarakat seperti sedia kala," papar Junaidi.
 
Junaidi menegaskan kegiatan roadshow Kampung Ceria ini akan menyasar ke 27 kelurahan yang ada di Kota Pekalongan secara bertahap.

"Kegiatan launching Kampung Ceria ini baru pertama kali kami lakukan dan ke depan bertahap secara menyeluruh akan kami sasar ke 27 kelurahan di Kota Pekalongan. Dan kami meminta jika masyarakat mengetahui adanya penyalahgunaan atau ada korban yang terlanjur terjerumus lingkaran narkoba, maka bisa segera laporkan dan dibawa ke IPWL untuk selanjutnya kami rehab," pungkas Junaidi.


Foto: pekalongankota.go.id 

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler