Begini Canggihnya Ruang Kelas Interaktif di Fakultas Teknik UI

Jakarta - Belum lama ini Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) baru saja meresmikan Smart Classroom atau ruang kelas berbasis pintar di lingkungan kampusnya.

Smart Classroom terdiri dari dua jenis yang berkonsep modern dan interaktif. Yang mana kelas-kelasnya dilengkapi dengan modular table yang formasinya dapat diatur sesuai dengan mode perkuliahan.

Selain itu, Smart Classroom juga dilengkapi dengan smart board interaktif yang memiliki berbagai fitur canggih yang mampu mendukung berbagai model pembelajaran.

Kapasitas tiap ruangannya sendiri bervariasi, bisa memuat 40 orang sampai 100 orang mahasiswa untuk belajar di tiap ruangannya.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Metode Fakultas Kedokteran UI Cegah Skizofrenia Kambuh

Dekan FTUI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng. menjelaskan selama perkuliahan berlangsung, sistem akan merekam kegiatan perkuliahan secara otomatis dan hasilnya dapat digunakan oleh mahasiswa untuk me-review mata kuliah mereka pada hari itu.

"Hasil rekaman dan hasil diskusi selama perkuliahan di Smart Classroom dapat diakses oleh mahasiswa melalui kanal Learning Management System," ujarnya.

Peresmian Smart Classroom sendiri merupakan langkah awal menuju kemajuan teknologi. Sebab di luar negeri sudah banyak kelas-kelas yang mengaplikasikan sistem Smart Classroom ini.

Dengan adanya Smart Classroom ini juga nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan skill para mahasiswa dalam berkomunikasi dan bekerja sebagai tim dalam memahami sistem pembelajaran secara lebih mendalam.


Foto: ui.ac.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler