Mau Jadi CPNS? Hati-hati Jadi Korban Penipuan Ya!

Bandung - TemanBaik, pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) sudah semakin dekat nih. Pendaftaran akan dibuka secara online pada 11 November 2019 mendatang.

Setiap tahunnya, pendaftaran CPNS selalu saja dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab. Bahkan, momentum itu bisa jadi ajang untuk melakukan penipuan bagi yang ingin jadi CPNS.

Hal ini yang harus kamu waspadai ya TemanBaik. Jangan sampai keinginan menjadi CPNS membuat kamu jadi korban penipuan. Apalagi, ujung-ujungnya kamu akan kehilangan uang.

"Hati-hati, biasanya banyak yang melakukan modus penipuan. Ini tolong diwaspadai oleh kita semua," kata Kepala BKPP Kota Bandung Yayan Ahmad Brilyana.

Menurutnya, ada beragam modus penipuan yang dilakukan terhadap pendaftar CPNS. Bahkan, aksi penipuan yang dilakukan sangat meyakinkan. Tapi, bagaimana agar tidak terhindar dari para penipu di momentum penerimaan CPNS?

Ada dua hal penting yang harus kamu ketahui. Pertama, jangan percaya bujuk rayu. Jika ada yang menawarkan jasa agar diterima jadi CPNS, jangan pernah percaya ya TemanBaik. Kenapa? Itu karena pendaftaran CPNS dilakukan secara online. Proses seleksi pun sangat ketat.

Bahkan, jika oknum penipu mengatasnamakan diri dari Badan Kepegawaian, tak usah dihiraukan. Sebab, tak ada yang bisa memanipulasi apalagi 'titip-menitip' agar bisa jadi CPNS.

Kedua, pendaftar CPNS tak perlu mengeluarkan uang. Pendaftaran dan proses seleksi CPNS ini sama sekali tak dipungut biaya alias gratis. Jadi, jika ada yang meminta bayaran pada pendaftar CPNS, sudah dipastikan itu tidak dibenarkan. Bahkan, bisa jadi yang meminta uang itu adalah penipu.

"Jadi, dalam penerimaan CPNS ini tidak ada unsur uang, semua gratis, dan semua prosesnya tidak bisa direkayasa," tegas Yayan.

Nah, mungkin di antara TemanBaik ada yang belum tahu di mana mencari informasi resmi seputar pendaftaran CPNS. Kita kasih lagi informasinya. Kamu bisa mengunjungi laman resmi www.menpan.go.id, www.bkn.go.id, laman resmi instansi pemerintah, serta laman resmi pemerintah daerah dan Badan Kepegawaian di daerah masing-masing.

Sementara untuk pendaftaran CPNS, hanya ada satu laman resmi yang digunakan, yaitu www.sscasn.bkn.go.id. Di luar laman itu, sudah dipastikan bukan untuk pendaftaran resmi CPNS.

Foto ilustrasi Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler