Ini Caranya Supaya Sampah Buah Bermanfaat Buat Suburkan Tanaman

Bandung - TemanBaik suka makan buah? Nah kalau ada sisa yang sudah dikonsumsi atau kulitnya, jangan dibuang ya. Yuk kita berlatih membuat MOL (Micro Organisme Lokal) yang berbasis buah.

MOL buah adalah MOL yang terbuat dari sisa atau limbah buah-buahan yang biasa kita konsumsi sehari - hari. Jenis buahnya sih banyak, bisa nanas, jeruk,m, pisang, apel, pir, pepaya dan masih banyak lagi.

MOL buah sendiri punya banyak manfaat loh TemanBaik. Bisa berfungsi sebagai perangsang pembentukan bunga dan buah.  MOL juga bisa meningkatkan kualitas buah, meningkatkan daya tahan dan menambah rasa manis. Bahkan, MOL buah juga bisa dimanfaatkan sebagai dekomposer atau zat pengurai pada proses pembuatan pupuk kompos.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung, Dedy Dharmawan berbagi tips nih, gimana sih cara Membuat MOL Buah yang tepat. Yuk simak rahasianya.

1. Bahan 
- Siapkan limbah buah-buahan seperti nanas, jeruk, apel, pisang dan yang lainnya.
- 1 ons gula merah
- 1 liter air kelapa atau air beras

2.Cara Membuat 
- Sebelum dimasukkan ke ember atau toples besar, limbah buah-buahan dicacah dulu atau boleh juga diblender kasar. 
- Campurkan gula merah dengan air kelapa atau air beras lalu campurkan semua bahan  di dalam satu wadah lalu tutup rapat - rapat dengan plastik. Jangan lupa untuk sedikit membuat ceruk di atasnya untuk menggenangkan sedikit air.
- Biarkan selama 14 hari untuk difermentasikan. Baru di hari ke 15 MOL bisa dipanen dan boleh digunakan sebagai campuran dekomposter.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler