2 Mahasiswa UNY Sosialisasikan Kesetaraan Gender Lewat Komik

Yogyakarta - Bermula dari kegelisahan melihat peserta didik yang belum memahami konsep kesetaraan gender dengan baik, dua mahasiswa jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yakni Khairunnisak dan Riselda Jandi Gunawan memutuskan untuk merancang aplikasi online berupa komik gender untuk siswa SMA.

Banyaknya peserta didik yang menggunakan smartphone dalam proses pembelajaran lah yang kemudian mencuatkan ide untuk mengedukasi siswa tentang gender menggunakan aplikasi online.

Baca Ini Juga Yuk: Keren! Mahasiswa UGM Sulap Limbah Onggok Jadi Panel Akustik

Riselda Jandi Gunawan mengungkapkan jika aplikasi online memang tidak bisa dibilang cukup untuk mengatasi permasalahan tersebut. Ia merasa perlu ada cara menarik untuk mengajarkan masalah kesetaraan gender. Karena itu lah komik dirasa jadi media yang paling tepat untuk mensosialisasikannya.

"Selain bergambar, komik juga ringan untuk dibaca, sehingga harapannya dapat meningkatkan kesadaran akan gender," ujar mahasiswa yang biasa disapa Elda ini.

Ide tentang komik gender berbasis aplikasi ini juga sudah dipresentasikan dalam lomba paper dan debat pada Olimpiade Nasional Sosiologi Antroplogi Indonesia di Universitas Hamzanwadi, Selong, Nusa Tenggara Barat belum lama ini. Lewat inovasinya itu, Khairunnisak dan Elda berhasil meraih juara dua di olimpiade tersebut.


Foto: uny.ac.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler