Bandung Targetkan Tak Ada Kawasan Kumuh Lagi di Akhir 2019

Bandung - Apa yang ada di benak TemanBaik saat mendengar nama Kota Bandung? Mungkin ada yang membayangkan kota besar, penuh beragam kemajuan, pesatnya pembangunan, atau berbagai hal keren lainnya.

Tapi, ternyata Kota Bandung masih memiliki kekumuhan loh di sebagian wilayahnya. Jika ditotalkan, saat ini ada sekitar 717 hektare kawasan kumuh di Kota Bandung yang tersebar di berbagai lokasi.

Apa sih kriteria suatu kawasan disebut kawasan kumuh? Ada beberapa indikator dan kriterianya loh. Salah satunya, bangunan tidak memiliki standar ketentuan bangunan. Ada juga aspek lain seperti tidak sesuai standarnya jalan lingkungan, saluran air bersih, hingga saluran pembuangan air limbah.

Tapi, sejak tahun 2015, Pemkot Bandung sudah berupaya agar kawasan kumuh di Kota Bandung terus berkurang. Hasilnya sudah signifikan loh. Saat ini, ada sekitar 717 hektare kawasan kumuh. Sementara pada 2015 lalu tercatat lebih dari 1.400 hektare. Sudah hampir setengahnya bisa diselesaikan!

"Kalau dilihat di data, kawasan kumuh ini sekarang ada di area pertengahan kota dan kawasan barat wilayah Kota Bandung. Data di kami, kawasan kumuhnya di daerah situ masih besar," kata Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Pemakaman (DPKP3) Kota Bandung Agus Hidayat.

Baca Ini Juga Yuk: Asyiknya Jadi Warga Bandung, Kerja ke Jepang Dipermudah

Akhir tahun ini, 717 hektare kawasan kumuh itu pun ditargetkan selesai ditangani. Sehingga, pada 2020 mendatang diharapkan tak ada lagi kawasan kumuh di Kota Bandung.

Apa saja sih yang dilakukan agar suatu kawasan tak lagi jadi kawasan kumuh? Ada berbagai program yang dilakukan, mulai dari Bantuan Wali Kota (Bawaku), Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu), Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK), serta sederet program lainnya. Artinya, untuk mewujudkan Bandung bebas kawasan kumuh, ada banyak program dan tenaga yang dilibatkan.

"Di tahun 2019 ini kita akan coba tuntaskan 717 hektare (kawasan kumuh) itu," jelas Agus.

Banyak hal yang diperbaiki melalui berbagai program itu, mulai dari perbaikan rumah, sanitasi, membuat septic tank komunal, hingga memperbaiki atau membangun jalan. Menjelang akhir 2019 ini, perbaikan dan pembangunan pun terus digencarkan dengan dana yang cukup banyak.

Dengan tidak adanya kawasan kumuh, diharapkan masyarakat juga akan semakin aman, nyaman, sehat, dan tenteram di lingkungan tempat tinggalnya. Sehingga, Kota Bandung akan jadi tempat yang jauh lebih menyenangkan bagi warganya.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler