Tips Sukses Berwirausaha ala Pengusaha Chocodot

Bandung - Ada banyak pengusaha yang gagal dengan usahanya. Tapi, jelas ada banyak juga kan pengusaha yang sukses. Lalu, apa sih yang dilakukan pengusaha sukses sehingga bisa berhasil menjalankan bisnisnya?

Owner PT Tama Cokelat Indonesia Kiki Gumelar membagi kunci suksesnya nih TemanBaik. Kiki sendiri adalah pengusaha asal Garut, Jawa Barat, yang sukses dengan bisnis produk bernama Chocodot. Itu loh kuliner perpaduan cokelat dan dodol yang jadi ikon kuliner Garut sejak beberapa tahun lalu.

Kesuksesan Chocodot membuat perusahaan Kiki beromzet di atas Rp4,5 per tahunnya. Ia pun sudah memiliki store di beberapa daerah di Indonesia. Tapi, usaha yang didirikannya enggak tiba-tiba sebesar itu. Ada proses panjang yang dijalani, tepatnya 9 tahun!

Ia pernah mengalami banyak kegagalan. Bahkan, berbulan-bulan ia tak dipercaya untuk mendapat pinjaman modal dari bank. Tapi, usaha kerasnya membuahkan hasil. Secara perlahan, usahanya berkembang dan bisa seperti sekarang.

Kunci suksesnya adalah tentu berkat inovasi, kreativitas, ketekunan, dan tidak mudah menyerah. Tapi, ada hal pentingdan jadi langkah pertama untuk menjemput keberhasilan. Apa yang pertama harus dilakukan agar bisa menjadi pengusaha sukses?

"Mulai aja dulu," kata Kiki kepada BeritaBaik.

Baca Ini Juga Yuk: Kisah Owner Chocodot, dari Tak Dipercaya hingga Beromzet Miliaran

Kalimat ini memang terkesan sederhana. Tapi, di luar sana ada banyak calon pengusaha yang punya banyak ide brilian untuk membuka usaha. Masalahnya, mereka enggak mau memulai dan akhirnya tak ada kemajuan.

Selain enggak mau memulai usaha, calon pengusaha biasanya diliputi bayangan takut gagal. Padahal, kegagalan dalam usaha adalah hal wajar. Bahkan, pengusaha sukses pun bisa mengalami banyak kegagalan sebelum benar-benar menuai kesuksesan.

Kegagalan justru harusnya dijadikan media pembelajaran. Sehingga, usaha yang dilakukan bisa diketahui kekurangannya agar bisa dikembangkan. Kegagalan juga akan menguji mental

"Ketika sering gagal, anggap aja kegagalan itu bagian dari pembelajaran. Habisin aja jatah gagalnya supaya kita tahu apa yang harus kita tuju," jelas Kiki.

Persoalannya, pengusaha pemula sering menyerah saat menemui kegagalan. Padahal, harusnya kegagalan itu melecut semangat, bukan menjatuhkan semangat berwisausaha.

"Kalau gagal dengan satu hal, ya perbaiki satu hal itu. Bukan malah usahanya ditinggalin dan pindah ke usaha yang lain," ucap Kiki.

Kiki sendiri enggak asal berbicaral loh TemanBaik. Ia sudah merasakan banyak kegagalan. Bahkan, ia pernah berkali-kali ditipu. Tapi, ia enggak pernah menyerah dengan apa yang dialami.

"Saya memaknai semua kegagalan yang saya hadapi sebagai pembayaran untuk sebuah kesuksesan," tutur Kiki.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler