Rayakan Toleransi dan Keberagaman dengan Bandung Lautan Damai Yuk

Menyambut Hari Toleransi Internasional yang jatuh pada 16 November mendatang, teman-teman dari Bandung Lautan Damai alias Balad sudah menyiapkan sejumlah agenda menariknya nih.

Balad sendiri adalah rangkaian acara yang digelar Jaringan Kerja Antar Umat Beragama (Jakatarub) di Kota Bandung yang hadir untuk memeriahkan Hari Toleransi Internasional. Acara yang digelar sangat beragam loh.

"Ada acara nonton bersama, pelatihan menulis, pameran, kampanye di CFD, diskusi, bedah buku, kampanye media, anjangsana dan lainnya. Tergantung tema pertahunnya," ujar koordinator tim media Jakatarub, Arfi Pandu Dinata kepada BeritaBaik belum lama ini.

Jakatarub sendiri hadir untuk mengelola keragaman dengan pluralisme, di bidang jejaring, program dan media melalui acara-acara yang rutin digelar setiap tahunnya. "Acara-acara Jakatarub meliputi Tur Malam Imlek, Buka Bersama (biasanya sama) GKI Bonti, Youth Interfaith Camp sama GKP dan Balad," jelas Arfi.

Tahun ini, Balad hadir dengan tema 'Bhinneka Tiap Hari', bertujuan untuk mengingatkan kembali warga Bandung soal pentingnya toleransi. "(Ingin) menyatukan bekas-bekas pilpres yang terkoyak, intoleransi yang enggak tersentuh di akar rumput, diskriminasi dan stigma yang masih menjamur. Ingin mengingatkan kalau kita itu beragam dalam hal apapun," ungkap Arfi.

Pria kelahiran 28 Oktober 1998 ini juga mengatakan kalau saat ini wacana toleransi harus dihadirkan dengan gimik yang lebih menarik. "(Balad) bakal konsentrasi di kampanye media sosial. Sudah zamannya wacana toleransi dihadirkan dengan gimik-gimik baru enggak mesti soal pemuka-pemuka agama yang bergandengan tangan," paparnya.

Untuk mewujudkan acara Balad, Jakatarub juga menggandeng sejumlah pihak untuk bekerja sama, seperti lembaga, organisasi dan komunitas yang sama-sama mau berkontribusi dalam memperingati Hari Toleransi Internasional.

Kehadiran Balad diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran pada warga untuk makin bertoleransi. Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Arfi juga berharap Bandung dikenal sebagai kota yang damai.

"(Semoga Bandung) makin toleran, makin ramah, makin damai, makin kece. Bandung itu bagian dari jajaran kota-kota besar di Indonesia. Sedangkan Indonesia itu potret dunia yang terkenal sama keragamannya. Masa iya Bandung yang bersejarah ini, hanya sebatas lautan api. Indonesia punya Bandung, Bandung punya damai," harap Arfi.

TemanBaik mau jadi bagian dari perhelatan Balad tahun ini? Nah kalau kamu tertarik buat ikutan rangkaian acara yang disuguhkan Balad 2019, kamu bisa mengikuti informasi terbaru kegiatan Balad lewat akun Instagramnya di @bdglautandamai.


Foto: Instagram.com/bdglautandamai

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler