Keren! Kamis Ini Warga Bandung Serentak Tanam 15 Ribu Pohon

Bandung - TemanBaik tahu enggak ada yang istimewa pada Kamis, 21 November 2019? Hari itu diperingati sebagai Hari Pohon loh. Karena dirasa istimewa, akan ada kegiatan khusus di Kota Bandung untuk menyambutnya, yaitu 'Bandung Menanam'. Ini adalah kegiatan penanaman pohon secara serentak.

Uniknya, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangkan) Kota Bandung hanya menyediakan 2 ribu pohon. Tapi, berbagai pihak justru tertarik dan memberi sumbangan banyak pohon.

Sejauh ini, sudah terkumpul sebanyak 15 ribu pohon. Jumlah ini bahkan diprediksi bertambah hingga menjelang hari H. Nantinya, pada Kamis pagi, penanaman akan dilakukan secara serentak.

Pohon yang akan ditanam pun beraneka ragam. Tapi, setiap kecamatan akan mendapatkan jenis pohon yang sama untuk ditanam. Misalnya ada yang kebagian menanam pohon matoa, kopi, tembakau, hingga buah-buahan.

Baca Ini Juga Yuk: Hal Sederhana Ini Bisa Bantu Merawat Pohon-pohon Tua Loh

"Nanti pohon itu juga akan ditanam di hamparan yang sama, baik di pinggir jalan, tanah terbuka, kebun, lorong jalan, dan lain-lain," kata Kepala Dispangtan Kota Bandung Gingin Ginanjar di Balai Kota Bandung, Selasa (19/11/2019).

Masing-masing pohon pun disesuaikan dengan kondisi lingkungan di kecamatan. Ada yang untuk penghijauan, mencegah longsor, hingga untuk konsumsi. Bukan hanya ditanam kemudian selesai loh. Setelah penamaman, akan ada monitoring dan penilaian terhadap masing-masing kecamatan.

"Jadi, keunikannya adalah bagaimana masing-masing kecamatan bisa mempertahankan, merawat tanaman ini karena nantinya akan jadi bahan penilaian," jelas Gingin.

Sementara selain penanaman pohon, di hari yang sama juga bakal ada kegiatan pelepasan 80 ribu ekor ikan ke sungai atau tempat-tempat lainnya secara serentak. Ini juga dilakukan di masing-masing kecamatan.

Jika TemanBaik yang tinggal di Bandung ingin ikut serta dalam kegiatan itu, kamu bisa ikutan kok. Sehingga, kamu bisa terlibat langsung dalam upaya pelestarian lingkungan.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler