Dukung Usaha Daerah, Kemenaker Pamerkan Produk TKM di Bali

Kuta - Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI menggelar pameran produk hasil pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri (TKM), Selasa (19/11/2019) di di BNDCC, Nusa Dua, Bali. Pameran ini diikuti oleh 40 kelompok usaha, yakni 35 kelompok usaha dari luar Bali dan 5 kelompok usaha dari Bali.

Direktur Pengembangan Perluasan Tenaga Kerja Kemenaker, Indiah Winasih menyampaikan pameran TKM 2019 merupakan upaya untuk mendukung kelompok usaha di sejumlah daerah di Indonesia. Dukungan ini diberikan dengan melakukan pendampingan hingga pemasaran pada mereka.

Ia memaparkan proses pendampingan dilakukan dengan tiga tahap. "Pertama, mereka diberi bantuan saran dan usaha dan pembekalan di daerah masing-masing. Kedua, kita berikan Bimtek peningkatan kelembagaan, pada tahap kedua ini perwakilan dari mereka kita undang untuk diberikan bimtek lanjutan. Ketiga, kita minta bukti produk mereka, kalau produk mereka berkembang kita pamerkan dalam kegiatan ini," paparnya.

Baca Ini Juga Yuk: Mantap! Bali Interfood 2019 Libatkan 25 UMKM 17 Negara

Sementara itu Widi Wijanarko, Kepala Seksi Pengembangan TKM mengatakan kelompok TKM binaan Kemenaker pada tahun 2019 mencapai 1.600 kelompok. Jumlah ini bertambah dari tahun 2018 sebelumnya yang berjumlah sekitar 800 kelompok.

Selain menggelar pameran hasil pemberdayaan, dalam kegiatan ini Kemenaker juga menggelar bimbingan teknis peningkatan kapasitas kelembagaan TKM, bimbingan peningkatan kapasitas pemandu wirausaha.

Program tenaga kerja mandiri merupakan salah satu program unggulan Kementerian Tenaga Kerja untuk memperluas kesempatan kerja bagi tenaga kerja formal dan informal. "Jadi, untuk memberdayakan masyarakat yang menganggur agar mendapat pekerjaan dengan cara wisarusaha," katanya.

Foto: Ahmad Muzakky/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler